Selasa,9 Agust 2016 11:15 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Skutik Listrik GESITS Jalan-Jalan di Solo Jateng, Ada Rencana Apa?

  • Foto: Istimewa

    Gesits Jalan Jalan di Solo

  • Foto: Istimewa

    Gesits Jalan Jalan di Solo

  • Foto: Istimewa

    Gesits Jalan Jalan di Solo

Jakarta - Skutik listrik racikan Garansido Group dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya atau yang dikenal dengan nama GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS) terlihat sedang jalan-jalan di area car free day di kota Solo, Jawa Tengah.

Penampakannya terlihat jelas dari video yang diperoleh dari internal Garansido Group. Ditunggangi seorang wanita dengan santai melibas jalanan yang basah di Solo yang baru diguyur hujan. Terlihat mudah dikendarai.

Kenapa motor yang awalnya dikembangkan di Surabaya ini tiba-tiba hadir di Solo? Informasi yang diperoleh OTOMOTIF, kabarnya kan ada penandatanganan nota kesepahaman bersama dengan dua Universitas lain untuk mendukung pengembangan GESITS. Rencananya akan dilakukan pada hari Rabu (10/8) besok.

Seperti diberitakan sebelumnya nota kesepahaman ini dilakukan dengan UGM (Universitas Gadjah Mada) dan UNS (Universitas Sebelas Maret) Surakarta. Masing-masing Universitas punya tugas masing-masing. Yang satu akan mengembangkan sel baterai lithium sedang Universitas yang lain kebagian tugas merancang recycle baterai tersebut.  

"Kalau ini berjalan lancar, bisa dipastikan skutik GESITS (Garansindo Electric Scooter ITS) akan 100 % dirancang oleh anak Negeri," ungkap CEO Garansindo Group, M. Al Abdullah saat ditemui beberapa waktu yang lalu.

Langkah Garansindo ini sekaligus membuktikan kalau GESITS bukan hanya milik Garansindo atau ITS saja, tapi punya bangsa Indonesia, semua yang berkompeten boleh terlibat

Motor listrik buatan Garansido Group dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya ini rencananya akan segera diproduksi secara masal pada tahun 2017 dan dapat segera dijual ke konsumen pada tahun 2018. Harga jualnya diprediksi tidak akan lebih dari Rp 20 juta.

Dalam kondisi baterai terisi penuh, bisa menempuh jarah 80 sampai 100 km. Performanya, GESITS bisa diajak ngebut hingga 100 km/jam atau setara dengan skutik bermesin bakar dengan kapasitas 125 cc. Sistem penggeraknya menggunakan belt dengan single ratio yang punya perbandingan final gear 1:3,57. (Otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top