Selasa,3 Mei 2016 15:45 WIB

Penulis: Otomotifnet

Motor Listrik Garansindo-ITS

Spesifikasi Motor Listrik Garansindo-ITS, Terkoneksi Android!

  • Foto: Domas

    Motor Listrik Garansindo-ITS didukung desain futuristik

  • Foto: Domas

    Pantau kondisi mesin bisa dilakukan lewat aplikasi ini

  • Foto: Domas

    Baterai disimpan di balik jok

  • Foto: Domas

    Motor listrik dilengkapi teknologi regenerative brake dan mampu ngacir sampai 110 km/jam

  • Foto: Domas

    Harun dan Nur, yakin produknya bisa diterima pasar

  • Foto: Domas

    Spesifikasi Motor Listrik Garansindo-ITS

Surabaya - Prototype motor listrik garapan Garansindo dan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya secara resmi diperkenalkan update terakhirnya. Jika pada Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015 masih kerangka dan komponen, kini sudah berbentuk motor. Yuk lihat detail spesifikasinya.
 
Skutik listrik bernama GESITS yang punya kepanjangan Garansindo Electric Scooter ITS ini memiliki motor listrik berspesifikasi 5 Kw. Sumber dayanya disimpan pada baterai lithium ion yang dapat menempuh jarak sejauh 80-100 km untuk satu kali pengisian baterai. Sedang top speed-nya diklaim bisa tembus 100 km/jam.

Kebutuhan waktu pengisian baterai sekitar 1,5 sampai 3 jam. “GESITS juga sudah memiliki fitur regenerative brake, saat deselerasi otomatis motor listik akan melakukan pengisian baterai. Tinggal diset pakai laptop regenerative berapa persen yang diinginkan,” terang DR. M. Nur . Yuniarto, ketua tim riset GESITS.

Spesifikasi Motor Listrik Garansindo-ITS
 

Menurutnya, motor ini dapat disetarakan dengan  motor  berbahan  bakar  konvesional  bertenaga  125cc. Wah mantab! 

Sistem motor listrik ini juga terintegrasi dengan android. “Mulai kecepatan, rpm, suhu hingga voltase bisa terpantau lewat smartphone dengan operating system android,” jelas Nur saat ditemui di Gedung Riset Mobil Listrik ITS hari ini (3/5).

Sistem penggeraknya menggunakan belt dengan single ratio yang punya perbandingan final gear 1:3,57. Jadi benar-benar automatic nih, tinggal gas saja sudah ngacir.

Sedang sasisnya menggunakan besi tubular diameter 1 inci. Untuk sokbeker belakang berbeda dengan skutik pada umumnya, tetap 1 sokbreker tapi posisinya di tengah layaknya motor sport. Pengeremannya sudah disc brake di kedua roda. 

Kabarnya, GESITS akan diusahakan dibanderol di bawah Rp 20 jutaan. “Kami yakin kalau motor listrik akan diterima pasar asal harganya masuk akal. Tidak terlalu mahal dan ketersediaan part juga mendukung,” beber Harun Sjech, Project Director motor listrik Garansindo-ITS. 

Harun juga mengatakan motor listrik ini akan diuji selama 5 sampai 10 ribu kilometer di segala kondisi cuaca sebelum diproduksi masal tahun depan. (Otomotifnet.com / Domas)

Data Spesifikasi:
Sasis : Tubular
Panjang : 1910 mm
Lebar : 695 mm
Tinggi : 1.110 mm
Jarak Tempuh : 85 – 100 km
Motor listrik : 5 KW
Baterai : 50 V, 40 AH
Berat total : 120 kg
Kapasitas angkut : 150 kg
Max speed : 110 km/jam
Konsumsi energi : 50 km/kwh
Pemindah daya : Belt

EDITOR

Dimas Pradopo

Top