Jumat,18 Sept 2015 12:00 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Wow, Motor Peugeot Tua Ini Pakai Mesin 9 Silinder Radial!

Foto: Aant

Wow, Motor Peugeot Tua Ini Pakai Mesin 9 Silinder Radial!


Inggris - Ini salah satu motor lawas yang menarik perhatian di paddock Goodwood Revival, Inggris yang berlangsung akhir pekan kemarin (11-13/9). Berlabel Peugeot P50t Boardtracker keluaran tahun 1930.

Tampangnya sih lebih mirip sepeda, lengkap dengan pedal kayuh. Di kedua setang juga ada tuas rem, hanya yang sisi kiri ada tuas kopling juga. Tapi coba deh lihat mesin yang menempel di sasisnya! 9 silinder radial seperti mesin pesawat!

Berdasarkan label di mesinnya, tertera dapur pacu ini bikinan Gnome & Rhone. Mesin 4 langkah sekecil ini berkapasitas 100 cc, artinya tiap silinder hanya 11,1 cc! Dan kendati kecil, pakai mekanisme overhead valve dengan sistem pushrod, 2 klep persilinder. Klep dan businya tentu sangat kecil. Rumit banget pasti bikinnya ya!

Berdasarkan keterangan, bahan bakar pakai methanol dan sistem pelumasan total loss. Tenaga diklaim 268 bhp/ton dengan bobot hanya 26 kg.

Untuk menyalurkan tenaga, dari kruk as disambungkan pakai rantai ke girboks 3 speed, kemudian baru disalurkan ke roda belakang juga dengan rantai. Perpindahan gigi pakai tuas yang diletakkan di sisi kiri tangki.

Keren dan pasti langka nih! (otomotifnet.com)





Klepnya model terbuka tanpa pelumasan, lihat businya gak pake cop karet seperti motor modern, tapi di baut hehee..


Aant, dimensi mesinnya kecil banget



EDITOR

Dimas Pradopo

Top