Jumat,29 April 2016 14:15 WIB

Penulis: Bagja

Wuih, Prototype Sepeda Motor Listrik Garansindo-ITS Diluncurkan 3 Mei 2016

Foto: Dok. OTOMOTIFNET.COM

prototype pertama motor listrik Garansindo-ITS yang sempat dipajang di IIMS 2015

Jakarta - Garansindo yang bekerjasama dengan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) bersiap untuk meluncurkan prototype sepeda motor listrik garapan mereka pada 3 Mei 2016 di kampus ITS, Surabaya.

Garansindo yang saat ini sebagian besar merek binaannya di Tanah Air adalah merek mobil seperti Fiat, Chrysler, Jeep, Dodge juga Alfa Romeo ini ternyata juga mempunyai ambisi untuk memiliki basis manufaktur di Indonesia dan memiliki misi untuk dapat memproduksi kendaraan buatan Nasional. 

Pada bulan Juni 2015, Garansindo Group bersama ITS (Institut Teknologi Sepuluh Nopember) Surabaya telah menandatangani nota kesepahaman untuk mengembangkan kendaraan bertenaga listrik nasional yang dibuat oleh anak bangsa Indonesia.  

Pertama kali ditampilkan di Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015, presentasi rencana pengembangan Motor Listrik hasil kerjasama Garansindo Group dan ITS berhasil mendapatkan tanggapan yang sangat positif dari masyarakat.

Beberapa waktu lalu, tersebar bocoran prototype sepeda motor ini yang banyak dianggap masih mirip Honda Vario. Sebagai penggerak, motor ini dibekali oleh motor listrik berdaya 5-10 KW dengan torsi maksimum 15 Nm dan putaran mesin maksimum 3.000 rpm. Untuk menggerakkan roda, masih dipercayakan pada rantai yang sudah teruji kekuatannya.

Motor ini memiliki desain yang menyerupai motor skutik pada umumnya, dengan dimensi 1904 x 687 x 1086 mm (PxLxT). Roda yang digunakan yaitu 14 inci dan dilengkapi oleh rem cakram depan belakang.

Sedangkan untuk kemampuan baterainya sendiri, memiliki kapasitas 1980 Wh dengan maximum discharge 61,2 Ampere. Total waktu yang dibutuhkan untuk pengisian ulang cukup 90 menit dan dapat menempuh jarak 60 km.

EDITOR

Bagja

Top