Jumat,4 Nov 2016 12:48 WIB

Penulis: Antonius Yuliyanto

Indonesia Motorcycle Show 2016

Yamaha Mio M3 AKS SSS Resmi Meluncur, Berikut Detail Fitur dan Harganya!

  • Foto: Aant

    Yamaha Mio M3 AKS SSS

  • Foto: Aant

    Saklar SSS Yamaha Mio M3

  • Foto: Aant

    Indikator SSS Yamaha Mio M3

  • Foto: Aant

    Kunci AKS Yamaha Mio M3

Jakarta - Mio M3 AKS SSS menjadi salah satu motor baru yang dikenalkan Yamaha di IMOS 2016. Sesuai nama yang diusung, ini adalah Mio M3 yang dibekali 2 fitur baru, yaitu Advance Key System (AKS) dan Stop & Start System (SSS).

“Fitur AKS dan SSS adalah bagian dari jawaban Yamaha yang memberikan inovasi terkini untuk kepuasan berkendara lebih maksimal bagi para pecinta Mio," kata Mohammad Masykur, Asisten GM Marketing PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM).

AKS punya beragam fungsi, pertama sebagai Answer Back System yang memudahkan pemilik motor mencari motornya di parkiran, karena dengan menekan tombolnya satu kali maka motor akan berbunyi “bip-bip” dan diiringi sein berkedip.

Fungsi lain dari AKS adalah Auto Open Key Shutter, yaitu membuka pengaman magnet kunci kontak, caranya dengan menekan tombol selama dua detik maka lubang kunci otomatis terbuka dan lampu pada lubang kunci menyala. Fungsi-fungsi AKS lainnya membuatnya sebagai Multifunction Key untuk menghidupkan motor, membuka jok, mengunci stang, pengaman lubang kunci.

Sementara itu SSS merupakan fitur yang otomatis mematikan mesin dan Quick Start (mesin menyala lebih cepat). Kinerja SSS ini membutuhkan beberapa syarat, yaitu tombol SSS pada posisi ON, kecepatan motor sudah pernah lebih dari 10 km/jam, suhu mesin minimal 50 derajat Celcius.

Jika SSS sudah diaktifkan, cirinya lampu indikator SSS di spidometer sudah menyala. SSS akan aktif saat pengendara berhenti 5 detik dan handle gas (throttle) tertutup penuh. Mesin pun akan mati secara otomatis. Saat mesin mati, indikator SSS berkedip. Sedangkan Quick Start akan bekerja ketika gas motor dibuka lagi.

Fitur lainnya punya bagasi berkapasitas 10,1 liter dan tangki bensin 4,2 liter. Smart Lock System, yaitu pengunci handel rem belakang. Dan Smart Side Stand Switch sebagai pengaman jika pengendara lupa menaikkan side stand maka mesin enggak bisa menyala. Dari sisi mesin, Mio M3 ini tetap pakai mesin 125 cc Blue Core SOHC 2 klep berpendingin udara.

Mio M3 AKS SSS harganya Rp 15,6 juta on the road Jakarta, sedangkan Mio M3 versi standar tanpa AKS SSS harganya Rp 14,7 juta on the road Jakarta.

Spesifikasi Mio M3 AKS SSS:

DIMENSI
P X L X T: 1.870 X 685 X 1.035 mm
Jarak sumbu roda: 1.260 mm
Jarak terendah ke tanah: 135 mm
Tinggi tempat duduk: 750 mm
Berat isi: 94 kg
Kapasitas tangki bensin: 4,2 L

MESIN
Tipe mesin: Air cooled 4-stroke, SOHC
Susunan silinder: Single cylinder
Diameter X Langkah: 52,4 x 57,9 mm
Perbandingan kompresi: 9,5:1
Volume silinder: 125 cc
Daya maksimum: 9,4 dk (7 kW)/8.000 rpm
Torsi maksimum: 9,6 Nm/5.500 rpm
Sistem starter: Electric & kick starter
Sistem pelumasan: Wet sump
Kapasitas oli mesin: Total = 0,84 L ; Berkala = 0,80 L
Sistem bahan bakar: Fuel Injection
Tipe kopling: Dry, Centrifugal Automatic
Tipe transmisi: V-belt automatic

RANGKA
Tipe rangka: Underbone
Suspensi depan: Teleskopik
Suspensi belakang: Unit Swing
Tipe ban: Tube (dengan ban dalam)
Ban depan: 70/90-14M/C (34P)
Ban belakang: 80/90-14M/C (40P)
Rem depan: Hydraulic single disc brake
Rem belakang: Drum brake

KELISTRIKAN
Sistem pengapian: TCI
Tipe battery: YTZ6V
Tipe busi: NGK/CR6HSA

EDITOR

Dimas Pradopo

Top