Kamis,26 Nov 2015 09:45 WIB

Penulis: Denta

Yamaha MT-15, Strategi Baru YIMM Main di Blue Ocean

Foto: motorival

Yamaha M-Slaz (MT-15)

Jakarta - Persaingan motor sport berkapasitas 150 cc kini sudah mulai berdarah-darah. Untuk mengatasi hal tersebut, PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM) tengah menyiapkan strategi baru untuk bermain di segmen blue ocean.

Seperti yang telah diketahui, Yamaha V-Ixion yang bisa dibilang pelopor dan pemimpin market motor sport di segmen 150 cc sejak tahun 2007 silam kini mulai tergerus penjualannya karena kehadiran Honda All New CB150R Streetfire. Pesaing utama V-Ixion ini mendapat sambutan pasar positif setelah merilis model terbaru pada bulan Agustus kemarin.

Melihat posisinya yang mulai terancam sebagai market leader segmen motor sport di Indonesia, Yamaha telah memiliki strategi baru untuk menghadapi hal tersebut. "Yamaha MT-15 bisa masuk di segmen blue ocean karena belum ada kompetitor yang main di segmen motor tersebut," jelas M. Masykur, Asisten GM Marketing PT YIMM.

Kenapa masuk ke segmen blue ocean? Itu dikarenakan Yamaha MT-15 membuka segmen baru di kelas motor sport 150 cc. Saat ini Yamaha memiliki Byson FI di kelas low, New V-Ixion Advance di kelas middle dan MT-15 ini diposisikan di kelas high sport 150 cc Yamaha.

Harga jualnya sendiri, Yamaha New V-Ixion Advance dibanderol sekitar Rp 24 jutaan OTR Jakarta. Sedangkan Yamaha MT-15 sendiri gosipnya akan memiliki harga jual sekitar Rp 28-29 jutaan, atau tidak beda jauh dengan harga YZF-R15.

Dari selisih harga sekitar Rp 4-5 jutaan tersebut, Yamaha MT-15 memiliki beberapa kelebihan jika dibanding V-Ixion. Seperti penggunaan sokbreker depan tipe up-side down, jok yang model split atau terpisah, spidometer full digial, headlamp LED, swing arm banana seperti R15, dan besar kemungkinan sudah bertransmisi 6-speed jika mengusung mesin yang serupa seperti R15.

Untuk peluncurannya sendiri, Yamaha MT-15 ini akan di-launching duluan di Thailand pada 1 Desember 2015 besok. Sedangkan untuk Indonesia jatahnya masih tahun depan tepatnya semester pertama tahun 2016. (motor.otomotifnet.com)

EDITOR

Denta

Top