Jumat,7 Agust 2015 18:00 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Yang Baru Pada Sistem Injeksi All New CB150R StreetFire

Foto: Aant

Yang Baru Pada Sistem Injeksi All New CB150R StreetFire


Jakarta - Sistem injeksi yang disematkan Honda pada All New CB150R StreetFire ternyata berbeda dengan generasi sebelumnya. Seperti putaran stasioner tak lagi disetel manual, dan hasil pembakaran dibaca kadar oksigennya. Seperti yang diadopsi Honda CBR150R.

“Untuk pengaturan stasioner, kini sudah otomatis karena ada IACV atau idle air control valve, kalau CB150R lama disetel manual pakai obeng,” terang Sarwono Edhi, Technical Service Training Development PT Astra Honda Motor. Stasioner CB150R ini akan diatur oleh ECM di kisaran 1.500 ±100 rpm.

Stasioner CB150R ini akan diatur oleh ECM di kisaran 1.500 ±100 rpm


Sementara pada sektor pembuangan, kini hasil pembakaran dibaca oleh sensor O2, yang tugasnya memastikan perbandingan udara dan bensin yang dipasok ke dalam silinder komposisinya pas, sehingga emisi gas buang bisa ditekan. Langkah ini tentunya juga agar bisa lolos Euro3.

Untuk sensor, keseluruhan ada 7 buah. Yaitu MAP (Manifold Absolute Pressure) untuk membaca tekanan udara di throttle body, IAT (Intake Air Temperature) yang membaca suhu udara di intake, TP (Throttle Position) atau sensor yang membaca besarnya bukaan gas, ketiga sensor itu posisinya ada di throttle body yang berdiameter 30 mm.

Kini hasil pembakaran dibaca oleh sensor O2

Berikutnya ada Bank Angle Sensor yang membaca sudut kemiringan, saat jatuh akan mematikan mesin. Berikutnya ada sensor CKP (Crankshaft Position), memberikan input posisi piston. Kemudian ada sensor ECT (Engine Coolant temperatur) yang menginformasikan suhu mesin. Terakhir baru O2 sensor yang membaca hasil pembakaran.

Sebagai otak pengaturan proses pembakaran, ada ECM (Engine Control Module). Kerjanya menerima input dari sensor-sensor kemudian memerintahkan kapan injektor menyemprotkan bensin dan busi memercikkan api. Oh iya, injektornya kini punya 8 lubang. (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top