Rabu,11 Jan 2017 16:14 WIB

Penulis: otomotifnet

Stop & Start System Yamaha Aerox 155 VVA

Halaman 2 dari 2

Foto: Aant/otomotifnet

Yang Terbaru Di Skutik Yamaha

Knowlaedge SMG dan SSS Yamaha Aerox 155 VVA Yang Terbaru Di Skutik Yamaha
Ada saklar SSS di setang kanan, aktifkan jika ingin lebih hemat bensin

Untuk makin menghemat konsumsi bensin, Aerox 155 VVA disertai dengan teknologi SSS. Sesuai namanya, saat diaktifkan teknologi ini akan mematikan mesin dan kemudian bisa menghidupkan kembali. Mirip Idling Stop System (ISS) di skutik Honda. Cirinya ada saklar di setang kanan dan lambang di spidometernya berupa huruf A dengan lingkaran.

Yang terlibat di SSS ini cukup banyak, dari ECU, SMG, sensor kecepatan dan sensor suhu mesin. Kenapa? Karena agar SSS ini bisa aktif ada syaratnya.

“Biar bisa bekerja, setidaknya syarat utamanya ada 3; sudah pernah mencapai kecepatan 10 km/jam, suhu mesin di atas 50° Celcius dan stasioner normal, dan ditambah saklar SSS diaktifkan. Dan yang mengontrol itu semua tentu dari ECU,” terang Ridwan. Saat SSS siap bekerja, cirinya lampu indikator di spidometer menyala. Uniknya, SSS ini bekerja dalam dua kondisi, zero second dan five second.

Zero second ini bekerja pada pengendara yang karakternya suka ngebut dan berhenti mendadak. Maka tanpa perlu menunggu, saat berhenti dan gas ditutup mesin langsung mati,” papar pria asal Bogor, Jabar ini. “Sedang five second jika gaya berkendara lebih santai, atau ketika berkendara di kemacetan yang mesti sering zig-zag di antara mobil.

Dengan waktu untuk mati 5 detik setelah berhenti dan gas ditutup, maka mesin enggak terlalu sibuk mati-nyala,” lanjutnya. Ketika mesin mati atas kerja SSS, lampu indikator di spidometer akan berkedip. Untuk kembali menyalakan mesin, tinggal buka gas maka langsung hidup dengan waktu penyalaan hanya 0,8 detik.

Knowlaedge SMG dan SSS Yamaha Aerox 155 VVA Yang Terbaru Di Skutik Yamaha
Indikator di spidometer akan menyala saat SSS siap bekerja, dan berkedip ketika mesin dimatikan SSS

 

Baterry Life

Canggihnya sistem SSS di skutik Yamaha, termasuk Aerox 155 VVA dikawal dengan teknologi Battery Life. “Fungsinya untuk menjaga baterai tetap dalam kondisi full charge, karena jika di bawah 12 volt SSS enggak akan bekerja, dan tentu juga agar baterai tahan lama,” papar Ridwan lagi.

Battery Life ini kerjanya dengan memonitor seberapa lama mesin mati oleh SSS setiap 10 menit, maksimal 2,6 menit. “Jika kurang dari 2,6 menit tiap 10 menitnya, maka SSS akan mematikan mesin. Tapi jika termonitor dalam 10 menit sudah lebih dari 2,6 menit, maka mesin enggak akan dimatikan untuk menjaga tegangan baterai,” imbuhnya sambil bilang teknologi ini tak ada di merek lain, karena dipatenkan oleh Yamaha.

Knowlaedge SMG dan SSS Yamaha Aerox 155 VVA Yang Terbaru Di Skutik Yamaha
Usia aki bisa lebih lama berkat teknologi Baterry Life

EDITOR

Dimas Pradopo

Top