Kamis,8 Okt 2015 15:10 WIB

Penulis: denta

BMW Motorrad, Honda dan Yamaha Jalin Kerjasama Untuk Keselamatan Berkendara

Foto: BMW Motorrad, Honda, Yamaha

BMW Motorrad, Honda dan Yamaha Jalin Kerjasama Untuk Keselamatan Berkendara


Perancis – Dalam rangka meningkatkan keselamatan dalam berkendara sepeda motor, BMW Motorrad, Honda dan Yamaha melakukan kerjasama untuk membuat sistem bernama Cooperative-Intelligent Transportation (C-ITS).

Kerjasama ini resmi diumumkan pada 6 Oktober 2015 di ITS World Congress di Bordeaux, Perancis. Fitur C-ITS ini sebenarnya sudah ditandatangani oleh semua anggota manufaktur di ACEM (European Association of Motorcycle Manufactures) dan akan resmi mulai digunakan mulai tahun 2020.

Dalam acara ini perwakilan yang hadir yaitu Prof. Dr. Karl Viktor Schaller, Executive Vice President Development BMW Motorrad, Mr Tetsuo Suzuki, Operating Officer at Honda Motor Co. Ltd. dan Mr Takaaki Kimura, Chief General Manager of Technology Center and Executive Vice President and Representative Director of Yamaha Motor Co. Ltd.

Teknologi C-ITS ini dibuat bertujuan untuk meningkatkan keselamatan, keamanan dan efisiensi dalam semua sistem transportasi, khususnya untuk sepeda motor.

Nantinya aplikasi ITS ini akan terintegrasi dengan teknologi informasi, komunikasi, dan termasuk juga infrastruktur transportasi, kendaraan dan pengguna. Aplikasi ini akan bekerja menggunakan GPS agar dapat memberikan informasi lalu lintas secara real time dan merekam semua perjalanan serta gaya berkendara.

Teknologi C-ITS ini sebenarnya sudah banyak diaplikasi pada mobil-mobil di Eropa. Hanya saja, untuk di motor akan butuh penyesuaian, sepreti sistem elektronik harus lebih kecil, tahan air, debu dan getaran. (motor.otomotifnet.com)



EDITOR

fauzi

Top