Rabu,9 Maret 2016 08:15 WIB

Penulis: Denta

Mengendarai Motor Sport Jadi Rasa Skutik Pakai Alat Ini

  • Foto: GIZMAG

    ShiftFX

  • Foto: GIZMAG

    ShiftFX

  • Foto: GIZMAG

    ShiftFX

  • Foto: GIZMAG

    ShiftFX

  • Foto: GIZMAG

    ShiftFX

  • Foto: GIZMAG

    ShiftFX

Australia - Inovasi teknologi mesin sepeda motor terus berlanjut, kali ini Biperformance Development Corporation menciptakan sebuah alat yang membuat mengendarai motor sport yang umumnya punya 6 percepatan serasa naik skutik yang tanpa transmisi.

Alat tersebut bernama ShiftFX Electronic Shift Transmission (EST). Alat ini dikembangkan untuk memberikan kenyamanan tambahan bagi pengendara motor sport, karena tidak perlu mengoper gigi lagi.

ShiftFX dibuat dengan dua buah pengaturan. Pengaturan pertama yaitu full otomatis alias tinggal gas dan rem layaknya motor skutik, gigi akan berpindah secara otomatis seiring dengan kenaikan rpm mesin. Lalu pengaturan kedua yaitu semi otomatis, pengendara cukup menekan tombol yang ada di setang tanpa harus menekan kopling atau menginjak persneling, jeda perpindahan giginya yaitu 30 ms. Jika ingin menikmati sensasi motor sport sejati, tinggal matikan saja perangkat ini.

ShiftFX ini terbuat dari tiga komponen utama. Pertama ada Active Clutch yang dapat mengontrol sistem kopling saat motor berjalan. Kedua ada High-speed DC motor & fixed gear reducer yang dapat meminimalisir hentakan mesin saat deselerasi atau menurunkan gigi. Ketiga yaitu Transmission Control Unit (TCU), bagian ini terkoneksi langsung dengan ECU dan berfungsi sebagai alat seting perpindahan gigi, mulai dari karakteristik perpindahan, kecepatan, bukaan gas dan lainnya.

Harga jualnya? ShiftFX ini memiliki banderol sekitar USD 1,000 atau jika dikonversi ke rupiah berkisar Rp 13,1 jutaan. Tertarik? (motor.otomotifnet.com)

EDITOR

Denta

Top