Kamis,17 Nov 2016 12:00 WIB

Penulis: advetorials

Filter Udara Yamaha Genuine Part

Pakai Filter Udara Asli Yamaha, Performa Prima Mesin Awet!

Foto: Yamaha

Pakai Filter Udara Asli Yamaha Lebih Baik

Filter udara asli Yamaha, menyaring kotoran dari mesin lebih maksimal
 

Jakarta - Bicara soal udara yang masuk ke ruang bakar, jangan cuma banyak tapi perhatikan juga kebersihannya. Udara yang kotor atau yang terkontaminasi debu, material kasar dan unsur lain justru akan membuat pembakaran tidak sempurna dan membuat komponen di ruang bakar rusak!

Jika ada debu ikut masuk, blok silinder sampai piston bisa baret. Makanya, setiap pabrikan motor termasuk Yamaha sudah melengkapi mesin motornya dengan air filter atau filter udara.

Posisinya saringan udara berada di perangkat intake. Saringan udara yang baik berbahan serat halus yang tahan terhadap perubahan suhu, memiliki kerapatan pori yang cukup ideal untuk menyaring kotoran, serta dilengkapi dengan minyak khusus yang berfungsi sebagai penahan dan menangkap partikel debu yang lebil kecil, sehingga filter bekerja maksimal.

Filter udara yang baik seperti disebutkan di atas sudah pasti bisa ditemui pada komponen standar bawaan motor. Dari pabrik sudah dirancang sesuai dengan kebutuhan mesin secara performa maupun secara durabilitas.

Tinggal dilakukan pengecekan berkala dan lakukan penggantian jika kondisinya sudah tak layak lagi, tentunya dengan komponen yang sama yaitu Yamaha Genuine Part.

Jangan bersihkan filter udara berelemen oli, langsung ganti jika sudah kotor
 

PENGECEKAN BERKALA
Pengecekan ini untuk memastikan kondisi filter apakah masih layak pakai atau tidak. “Jika sudah terlalu kotor harus langsung ganti,” jelas Pieter Adi Nugraha, Kepala Mekanik bengkel resmi Yamaha Flagship (DDS) Cempaka Putih, Jakarta Pusat.

“Wajarnya, filter udara diganti tiap 10.000 km untuk skutik seperti Yamaha Mio series. Tapi bisa lebih cepat kalau sering melewati tempat lembab dan berdebu,” jelasnya.

Kondisi filter yang sudah kotor dapat diartikan sudah padat atau mengandung kotoran yang menempel di permukaan filter. Ciri fisiknya terlihat kusam dan banyak endapan, kalau sudah begini harus langsung ganti. Filter tidak bisa digunakan kembali karena pori-pori filter sudah tersumbat akibat akumulasi kotoran yang diendapkan oleh minyak filter agar kotoran yang sudah menempel tidak lepas lagi.

Efek filter udara kotor seperti ini
 

WASPADAI EFEK BERANTAI
Jika tidak langsung diganti, efek buruknya berantai. Mulai dari boros bensin karena udara dalam campuran gas bahan bakar tidak ideal. Kondisi ini juga akan menimbulkan endapan di ruang bahan bakar. Umur busi juga jadi lebih pendek karena tertutup endapan karbon sisa pembakaran.

Jika dibiarkan cukup lama dapat mengakumulasi kerusakan di seluruh bagian ruang bakar dan menyebabkan mesin mati dan mogok! Akhirnya memerlukan penggantian part yang lebih banyak, wah jadi boros biaya dong..

Kerusakan pada mesin akibat filter udara yang buruk kualitasnya
 

Penggantian filter udara secara berkala dapat mengantisipasi salah satu penyebab motor rusak dan mogok di jalan, selain itu dengan saringan udara yang berkualitas dan berfungsi dengan baik dapat menjamin perfoma motor tetap prima, konsumsi bensin hemat dan nyaman selama berkendara. ADV

Lebih baik pakai suku cadang Yamaha
Lebih baik pakai suku cadang Yamaha

 

 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top