Jumat,17 Feb 2017 18:08 WIB

Penulis: otomotifnet

Pilihan Kem Racing Yamaha NMAX Baru Ada BRT dan Moto1?

  • Foto: Aant/otomotifnet

    BRT

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Moto1

Jakarta - Salah satu komponen yang berperan besar terhadap performa di mesin 4 langkah adalah kem atau noken as. Tugasnya mengatur kapan katup masuk dan buang membuka, seberapa lama dan termasuk ketinggian angkatannya.
 
Maka jangan heran jika profil kem atau yang bahasa londonya camshaft ini diubah, seperti lift atau angkatan klep dinaikkan, atau durasi diperlama, maka bisa membuat performa mesin meningkat.
 
Nah di pasaran setidaknya ada 2 merek yang telah mengedarkan kem untuk motor yang pakai teknologi VVA (variable valve actuation) ini, makanya lobe untuk klep ini ada dua.

Apa saja dan berapa harganya? (Aant / Otomotifnet.com)

BRT

Merek asal Cibinong, Bogor ini telah mengedarkan kem untuk NMAX. Ciri khas produknya dibuat dari bahan kem mentah dan dibentuk dengan bubut CNC, yang merupakan hasil dari riset dan pengetesan pakai mesin dyno.

“Makanya dijamin power output gede, jauh dari standarnya. Jika dikombinasi dengan ECU BRT berani lawan yang bore up,” promo Tomy Huang, President Director PT Trimentari Niaga, produsen BRT. Kem BRT ini dijual hanya Rp 450 ribu.

BRT: 021-8790-8958

Moto1

Akhir-akhir ini merek Moto1 cukup berkibar di dunia skutik, termasuk juga untuk NMAX, dan salah satu andalannya adalah kem. Menurut Ergus Oei dari R59 Matik Shop di Ciputat, Tangsel, ada 2 jenis kem Moto1 ini, “Ada yang untuk piston standar 58 mm dan 63 mm,” terangnya.
 
Tentu saja spek tadi dibedakan dari profilnya, baik lift maupun durasi. Nah berapa sih harganya? “Untuk yang piston 58 mm Rp 650 ribu, sedang yang 63 mm Rp 800 ribu,” papar Ergus. Silakan deh dipilih sesuai spek mesin.

R59 Matik Shop: 0812-9082-857

EDITOR

Dimas Pradopo

Top