Senin,26 Okt 2015 15:02 WIB

Penulis: pewete pewete

Tips Memilih Brake Shoe Untuk Rem Teromol, Aluminium dan Lem Kuncinya!

Foto: Aant

Tips Memilih Brake Shoe Untuk Rem Teromol, Aluminium dan Lem Kuncinya!




Jakarta - Lanjut, setelah memahami perbedaan material kampas rem asbestos dan non asbestos kini saatnya memilih brake shoe. Memilih kampas rem untuk teromol ini, ada juga beberapa hal yang harus diperhatikan yang berkaitan dengan kualitas. Pertama dan paling utama adalah rangka harus berbahan aluminium, karena sifatnya bagus dalam menyerap panas, sehingga performa pengereman lebih terjaga.

“Bahan yang digunakan ADC 12 atau aluminium die casting 12%, kampas yang bagus kontruksinya minimal harus sama dengan bawaan motor, yang artinya penyerapan panasnya tetap baik,” ujar Joseph Palupi M, Motorcycle Product Manager PT Dirgaputra Ekapratama, produsen kampas rem RCA.

Semakin banyak material aluminium yang dipakai akan semakin kuat dan mudah melepas panas. Jika lebih ramping demi mengejar biaya produksi murah, penyerapan panas kurang maksimal.

Bagian kedua yang harus diperhatikan adanya metal slipper, ada di bagian yang bersentuhan dengan pengungkit rem. Fungsinya agar kuat dan gampang kembali ke posisi semula, sehingga rem enggak mudah mengunci.

Terakhir yang harus dilihat proses pengeleman. “Yang bagus seperti bawaan pabrik, lemnya tampak hingga pinggir. Yang artinya lemnya rata dan dipres dengan kuat,” lanjut pria berbadan tegap ini sambil menjelaskan kalau yang berkualitas rendah umumnya lem hanya di bagian tengah saja, saat dipres tidak ada yang sampai ke luar.  (otomotifnet.com)




EDITOR

Otomotifnet

Top