Jumat,3 Juni 2016 12:30 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Durability Test Astra Otoparts

Etape Pertama Turing Durability Test Astra Otoparts, Cornering di Cikidang

Foto: Popo

Durability Test AOP Etape Pertama

Sukabumi - Melewati Sukabumi, mampir ke hutan di kaki gunung Halimun-Salak via Cibadak, cornering rame-rame di Cikidang dan finish etape pertama di Pelabuhan Ratu jadi makanan kami yang tergabung dalam Durability Test Astra Otopart (AOP). 

Apa lagi ya? Baca terus..

Dari Jakarta kami menuju Sukabumi via Bogor (1/6), perjalanan sudah diwarnai kemacetan. Bubaran karyawan pabrik menjadi salah satu tantangan di jalur utama yang menghubungkan Sukabumi dan Garut ini.

Durability Test AOP
Durability Test AOP Etape Pertama

Kebetulan dua motor yang kami bawa kali ini adalah Honda Vario 125 eSP ISS, dan fitur Idling Stop System (ISS) banyak berperan menghemat bahan bakar. Setiap terjebak macet dan berhenti langsam dalam 3 detik maka secara otomatis mesin akan mati dan bisa menyala kembali hanya dengan memutar selongsong gas.

Dan kebetulan pula, salah satu komponen AOP yang kami coba adalah aki GS Astra tipe GTZ6V. Aki ini memiliki spesifikasi khusus motor dengan fitur ISS yang harus mampu digunakan menstarter mesin secara berulang kali jauh lebih sering dari aki motor tanpa ISS.

Durability Test AOP
Durability Test AOP Etape Pertama

"Sebenarnya aki ini juga sama dengan produk OEM yang dipakai pada Vario 125 ISS, namun pada pengetesan ini kami ingin mengingatkan pada konsumen untuk tidak salah pilih saat melakukan penggantian atau replacement aki," jelas Edwin Surjadipradja, Department Head Battery PT Astra Otoparts Tbk.

Aki GS Astra GTZ6V memiliki life cycle lebih panjang dan memiliki kemampuan menerima beban starter lebih banyak. 

Perjalanan baru mengasyikan saat masuk ke daerah Cikidang di Sukabumi. Tikungan-tikungan tajam dan parabolik dengan kondisi aspal yang mulus jadi tantangan menyenangkan. Jalur asyik buat cornering nih, tapi tetap hati-hati ya!

Durability Test AOP
Durability Test AOP Etape Pertama

"Suspensi KYB yang dipasang depan-belakang di Yamaha Mio J memberikan redaman sangat baik. Yang belakang, ayunan setelah langkah kompresi lebih sedikit, efeknya menikung lebih stabil," kaya Sigit salah satu kru OTOMOTIF.

Sedang yang depan mampu menutupi kekurangan Yamaha Mio yang kerap mentok. Kombinasi keduanya juga disempurnakan dengan pilihan ban Aspira Premio. Ban ini terasa lebih empuk. "Paling terasa melewati jalan beton," sambung Sigit.

Durability Test AOP
Durability Test AOP Etape Pertama

Tempat menarik lainnya yang tak luput disambangi adalah kawasan wisata di kaki gunung Halimun-Salak. Karena terlalu bersemangat, rombongan sempat terjebak di perkebunan karet. "Nyasar tapi seru," sahut Aant yang kali ini kebagian ngegas Yamaha NMAX.

Oiya satu lagi komponen yang dicoba adalah v-belt Aspira. Part ini cocok dipasang di Yamaha Mio J. Harga lebih terjangkau, kualitasnya diklaim mampu diandalkan sebagai pengganti part OEM.

Durability Test AOP
Durability Test AOP Etape Pertama

Pengetesan empat produk secara bersama-sama ini akan dilakukan dalam tiga tahapan, yaitu tes perjalanan jauh, tes di dalam kota dan tes di laboratorium. Paramater pengetesan yang dilakukan pun sangat beragam pada tiap produknya. Simak terus ya!

EDITOR

Bagja

Top