Selasa,8 Sept 2015 17:56 WIB

Penulis: pewete pewete

First Ride Peugeot Metropolis 400i, Tiga Roda Kaya Fitur

Foto: F.YOSI

First Ride Peugeot Metropolis 400i, Tiga Roda Kaya Fitur


Motor dengan wheelbase satu setengah meter ini terbilang lincah


Jakarta - Di Indonesia, motor asal Perancis ini memang tergolong baru, meski sebenarnya Peugeot Metropolis 400i sudah dirilis sejak awal 2010 silam. Namun baru tahun ini dikenalkan oleh Garasindo Group lewat perhelatan Indonesia International Motor Show (IIMS) 2015.

Dimensinya cukup besar, dari depan tampak mencolok dengan sorot day time running light di atas headlamp dan di antara kedua rodanya. Di antara lampu utama ada kisi-kisi yang cukup besar, lubang angin ini ternyata mengarahkan udara ke radiator. Secara keseluruhan, bentuknya tampak sporti kan! Jadi penasaran motor seharga Rp 219 juta OTR Jakarta ini?  Simak terus!

FITUR & TEKNOLOGI
Lebih dulu nikmati fiturnya. Mulai dari windshield yang bisa dengan mudah diatur tinggi rendahnya. Mau menyalakan mesin? Jangan bingung karena tinggal putar tombol. Motor ini sudah pakai smart key immobilizer yang bekerja pada jarak 15 meter, persis di mobil ya!

Panel indikatornya sangat lengkap. Selain spidometer, takometer, fuelmeter, odometer dan tripmeter, juga ada jam digital, voltmeter, engine check, thermometer, electric control parking brake, info tekanan ban, indikator bagasi belakang dan indikator tilt lock sistem Dual Tilting Wheels (DTW). Lagi-lagi selengkap fitur mobil bro!


Berkat DTW, kedua roda bekerja secara independen


Melongok dua roda depannya, motor ini mampu belok dengan stabil berkat DTW. Perangkat ini memiliki lengan ayun yang bekerja secara independen, posisi sokbrekernya ada di atas dengan posisi hampir horisontal dan dikontrol secara elektronik. Pada kondisi diam, kedua roda bisa dikunci dan kaku dengan tilt lock, sehingga kaki tak perlu turun.

Sayang kecanggihan kaki-kakinya belum dilengkapi dengan antilock brake system (ABS), gantinya Peugeot memasang SBC (Synchro Braking System). Semacam combi brake, saat tuas rem belakang ditekan maka rem di semua roda berfungsi. Ada juga rem di kaki mirip mobil, sekali injak semua rem juga akan berfungsi dan ada electric control parking brake yang tombolnya ada di bawah setang.


Windshieldnya bisa diatur ketinggiannya dengan cara menekan tombol yang ada di bagian bawah


Spidometernya memberikan info yang sangat lengkap, termasuk kondisi angin ban di ketiga roda


Selain di bawah jok, ada bagasi di belakang untuk menyimpan helm full face. Cara bukanya cukup tekan tombol di bawah setang


Dengan tilt lock, kedua roda depan jadi kaku dan kaki gak perlu turun saat motor berhenti. Buka gas, kuncinya akan langsung terlepas


Fitur electric control parking brake akan aktif juga switchnya digeser ke bawah


RIDING POSITION & HANDLING
Lanjut ke posisi riding, jok lebarnya dengan senderan pantat yang super nyaman ini membuat tester dengan tinggi badan 180 cm bisa menapak sempurna. Urusan handling, motor dengan wheelbase satu setengah meter ini terbilang lincah, terbukti saat diajak manuver melewati cone yang berjarak 2 meter. Saat tester berbobot 75 kg mencoba melewati jalanan berkontur tidak rata, masing-masing roda di depan bekerja sesuai kontur yang dilalui dan meredam guncangan dengan baik.

PERFORMA
Mesin satu silinder 399 cc ini mampu menyemburkan tenaga 37,2 dk pada 7.250 rpm dan torsi 38,1 Nm pada 5.500 rpm. Sesuai karakter over bore (bore x stroke, 84 x 72 mm) yang kuat di putaran atas dan bobot yang mencapai 256 kg, tenaganya smooth di awal bukaan gas.

Mencapai putaran 5.500 rpm, motor melejit hingga tak terasa jarum spidometer menunjukan angka 80 km/j. Sayang trek yang disediakan saat sesi first ride ini tak terlalu panjang. Lain kali kita ngebut ya! • (otomotifnet.com)







DATA SPESIFIKASI

Dimensi (P x L x T) : 2152 x 775 x 1450 mm
Seat height : 780 mm
Wheelbase : 1500 mm
Berat : 256 kg
Suspensi depan : DTW, hydraulic shock absorber
Suspensi belakang : 4-step adjustable, double shock absorber
Rem depan : disc brake diameter 200 mm (x2)
Rem belakang : disc brake diameter 240 mm
Ban depan : 120/70-12 (x2)
Ban belakang : 140/70-14
Kapasitas tangki bensin : 13,5 liter
Warna : Black, Grey, White, Red
Tipe mesin : 1-silinder, 4-stroke, 4-valve
Bore x stroke : 84 x 72 mm
Kapasitas mesin : 399 cc
Sistem bahan bakar : fuel injection
Power : 37,2 dk / 7.250 rpm Torsi : 38,1 Nm / 5.500 rpm

EDITOR

Otomotifnet

Top