Senin,27 Juni 2016 15:30 WIB

Penulis: otomotifnet

First Ride Piaggio Liberty 150 ABS, Sensasi 100% Baru!

  • Foto: Rizky/otomotifnet

    First Ride Piaggio Liberty 150 ABS

  • Foto: Rizky/otomotifnet

    Rem depan pakai ABS, sedang belakang belum

  • Foto: Rizky/otomotifnet

    Mesin telah adopsi teknologi i-get, halus dan responsif

  • Foto: Rizky/otomotifnet

    Spidometernya kompak perpaduan analog dan digital

  • Foto: Rizky/otomotifnet

    Lampu belakang dinamis seirama bodi

  • Foto: Rizky

    Piaggio Liberty 2016

  • Foto: Rizky

    Piaggio Liberty 2016

Rem depannya kini sudah dilengkapi dengan ABS 1 Channel, disebut begitu karena yang belakang belum pakai ABS dan masih teromol

Piaggio Liberty 150 ABS ini merupakan salah satu varian andalan PT Piaggio Indonesia (PID) yang 100% baru, “Bukan sekedar facelift dari versi sebelumnya. Karena desain, sasis, mesin, kaki-kaki dan fiturnya pun baru,” beber Yudi Riswanto, Technical Trainer Manager PT PID.

Seperti apa detailnya? Ini dia hasil first ride-nya. (otomotifnet.com / Aant)

Desain
Secara konsep, skutik yang sudah dipasarkan sejak 18 tahun lalu dan terjual hingga 900 ribu unit ini tetap dipertahankan. Khas Eropa dengan bodi yang cukup jenjang, lekukannya seksi karena serba melengkung. Ukuran roda pun khas Eropa, cukup besar. Uniknya sekarang pakai kombinasi ring 16 dan 14 inci, sedang Liberty lama 15 dan 14 inci. Makanya perbedaan ukuran bannya sekarang sangat kentara.

Piaggio Liberty 2016
 

Fitur & Teknologi
Awali dari sektor kaki-kaki, pelek depan berukuran 16 inci dengan ban 90/80-16, sedang belakang 100/80-14. Kedua ban sudah tubeless. Suspensi depan teleskopik sedang belakang monosok di sisi kiri.

Sistem pengereman kombinasi disc dan drum brake. Uniknya khusus rem depan dilengkapi dengan ABS, “Disebutnya ABS 1 channel,” terang Adi Tristianto, Sales Training & Homologation Manager PT PID, tentu karena cuma satu sisi yang pakai ABS.

Lanjut amati setang, tombolnya cukup banyak, pertama ada saklar lampu karena walaupun DC namun belum AHO. Di bawahnya ada tombol mode untuk mengatur odometer, tripmeter A dan B di spidometer. Di sisi kiri, tombol lampu jauh dekat juga bisa untuk passing. Lalu ada tombol pembuka jok.

Panel indikatornya berbentuk mirip lampu utama, isinya spidometer analog dan di bawahnya panel digital yang menginfokan odometer, tripmeter dan jam. Fitur lain ada side stand switch.

Bagaimana dengan akomodasi? Pertama tekan kontak maka kompartemen mungil di bawah setang akan terbuka. Di dalamnya ada tuas darurat untuk membuka jok jika tombol di setang tak berfungsi. Lalu jika jok dibuka, bagasinya muat sebuah helm.

Sisi mesin pakai tipe 4 langkah SOHC 3 klep berpendingin udara, yang telah mengadopsi teknologi i-get, detailnya simak di halaman 36 ya. Mesin ini ternyata sangat halus dan responsif, tentunya cocok untuk stop and go di jalan perkotaan.

First Ride Piaggio Liberty 150 ABS
Rem depan pakai ABS, sedang belakang belum

Riding Position & Handling
Dengan jok yang tirus, kendati tingginya 790 mm, saat duduk kaki jadi bisa menapak sempurna. Deknya panjang dan luas, sehingga kaki bisa leluasa bergerak. Setangnya cukup rendah, makanya saat belok patah bisa mentok ke lutut. Namun ketika duduk posisinya santai dan nyaman.

Handling terasa ringan, bobot hanya 106 kg. Redaman suspensinya cukup kaku, namun jika berboncengan jadi lumayan empuk. Ah jadi penasaran jika dipakai keliling kota nih!

Data spesifikasi:
Tipe mesin: 4 langkah SOHC 3 klep berpendingin udara
Bore x stroke: 58 x 58,6 mm
Kapasitas: 154,8 cc
Pengabutan: injeksi
Tenaga maksimal: 13 dk/7.750 rpm
Torsi maksimal: 13 Nm/6.500 rpm
Starter: electric
Transmisi: CVT
Bobot: 106 kg
Jarak sumbu roda: 1.340 mm

EDITOR

Dimas Pradopo

Top