Kamis,29 Okt 2015 15:22 WIB

Penulis: pewete pewete

First Ride Prototipe Motor Listrik Viar, Belum Sempurna Tapi...

Foto: OTO-SALIM

First Ride Prototipe Motor Listrik Viar, Belum Sempurna Tapi...




Jakarta
- Kini giliran PT Triangle Motorindo (TM), selaku prinsipal Viar Motor Indonesia berencana mengembangkan motor tanpa bensin. Menariknya, sebelum resmi dipasarkan tahun depan, OTOMOTIF sudah boleh jajal prototipe skuter listik ini. Langsung gas nih! Secara desain sebenarnya sudah memiliki headlamp hingga bodi yang futuristik dan tampak apik.

Tapi, dimensinya memang dirasa masih terlalu besar. Selain kegedean untuk postur Indonesia, juga tampak kurang proporsional dengan ukuran rodanya. “Sedang disempurnakan, nantinya pasti akan lebih menarik,” sahut Frengky Osmond dari tim marketing PT TM.

Saat hendak mengoperasikannya ternyata mudah. Tinggal putar kunci kontak ke posisi on, maka saat gas dibuka motor akan langsung ngacir! Ups ternyata responsif, untung rem depan-belakang sudah disc brake. Akselerasi yang cepat terasa sampai 40 km/jam, tapi larinya hanya mentok di kecepatan tersebut.

Sayang, belum ada indikator yang menunjukan jika motor sudah on dan siap digas. Maklum tidak seperti motor bakar, skuter listrik ini tidak ada suaranya, antara mesin nyala dan mati tidak ada beda. Sebaiknya juga ditambahkan pemutus arus saat standar samping dibuka pada posisi kontak on, agar tak bahaya saat parkir dan lupa putar kunci kontak ke posisi off.

Lalu bagaimana dengan charging-nya? “Colok saja ke listrik rumah,” yakin Frengky sambil menjelaskan jika spesifikasi aki yang saat ini dipakai belum final, nantinya akan pakai aki tipe lithium. Posisi colokan charger ada di bawah jok.

Ada juga circuit breaker mirip listrik di rumah, kalau ada korsleting otomatis memutus arus ke komponen vital seperti controller atau battery management system. Gimana, ada tambahan masukan?• (otomotifnet.com)







Motor listrik ada di teromol roda belakang, spesifikasinya masih rahasia



Lihat area kolong, baterai dari aki konvensional tampak terlalu besar. Nantinya akan diganti tipe lithium yang lebih ringkas



EDITOR

Otomotifnet

Top