Senin,7 Sept 2015 12:40 WIB

Penulis: Dimas Pradopo

Qstarz LT-Q6000, Alat Baru Lengkapi Data Tes OTOMOTIF

Foto: Aant

Qstarz LT-Q6000, Alat Baru Lengkapi Data Tes OTOMOTIF


Jakarta - Untuk melengkapi data dalam pengetesan motor maupun mobil, baik jarak maupun kecepatan, selama ini OTOMOTIF menggunakan Racelogic. Nah sekarang ada alat baru nih, nama lengkapnya Qstarz LT-Q6000 GPS Lap Timer Color dari Taiwan. Bukan pengganti Racelogic, namun penunjang saat kondisi tertentu.

Pemilihan Qstarz LT-6000 ini salah satunya karena ukuran yang kompak, digenggam tangan pun bisa sehingga lebih mudah dibawa. Kelebihan kedua Qstarz ini mirip gadget, baterai sudah terintegrasi di dalamnya yang tahan sampai 10 jam, sehingga tak perlu sumber listrik terpisah seperti Racelogic, yang mesti membawa aki.

Untuk keakuratan pengukuran sama dengan Racelogic, karena sama-sama mengandalkan GPS yang terhubung ke satelit sebagai acuan. Sudah dicoba dan perbedaan keduanya, di bawah 1 detik. Keakuratan Qstarz LT-6000 bahkan sampai 1/1000 detik.



Dengan keunggulan demikian, ketika pengetesan di luar kota Qstarz ini tentu lebih cocok dibawa, karena bisa masuk tas kecil. Tak perlu pusing memikirkan bawa aki atau sumber listrik lain.

Kelemahan Qstarz ini dibanding Racelogic pada metode pengambilan data. Dalam sekali running hanya 1 data yang bisa diambil, seperti Vericom, sehingga butuh waktu lebih lama. Misalnya untuk mencari data akselerasi 0-60 km/jam dan 0-100 km/jam tidak bisa dilakukan sekali run, tapi harus satu-satu.

Sedang Racelogic dalam sekali running langsung bisa merekam data kecepatan dan jarak sehingga lebih hemat waktu. Fitur lainnya, kita bahas dalam artikel berikutnya ya! Tunggu hanya di OTOMOTIFNET.COM. (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top