Minggu,17 Jan 2016 13:45 WIB

Penulis: parwata

Aplikasi Handguard di Kawasaki D-Tracker 150, Pasang Sendiri Aja Sob!

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Mau pasang sendiri? Siapkan kunci L5 mm dan L6 mm

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Pasang handguard di setang standar bisa, asal diganjel dengan karet atau pakai handgrip bekas seperti ini

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Jika gak mau repot bikin ganjelan, sediakan kocek lebih buat beli setang fatbar lengkap dengan raiser

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Minat handguard merek Acerbis? Sediain kocek Rp 2,2 juta

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Ada yang lebih murah nih, pakai Dirt Racing cuma Rp 275 ribu

Jakarta - Di medan adventure, handguard jadi penting melindungi jari tangan dari ranting hingga benturan saat  terjatuh. Meski tunggangan supermoto seperti Kawasaki D-Tracker 150 jarang keluar masuk hutan, komponen ini  sah-sah saja dipasang. Ragam pilihannya banyak beredar di pasaran, perbedaan merek dan model membuat selisih  harganya signifikan.

Mulai dari ratusan ribu hingga yang jutaan ada bro. Tapi, aplikasinya enggak bisa langsung pasang di setang standar D-Tracker 150. Pasalnya diameter batang setang motor bermesin 150 cc SOHC berkarburator ini terlalu kecil, lebih kecil dari klem handguard aftermarket. "Kalau mau pasang Handguard di Kawasaki D-Tracker 150 di setang standar, mesti diganjel.

Bisa menggunakan handgrip bekas yang dipotong sesuai dengan ukuran braket," papar Andang Kristiawan, kepala mekanik Kawasaki Motor City Ciputat, Tangsel. "Kalau enggak mau ribet, ganti sekalian sama setang fatbar lengkap dengan raisernya," saran Iping dari Robby Steam di Jl.Panjang, Jakbar. Untuk pemasangannya, gampang banget kok.

Sediakan kunci L 5 mm, L 6 mm dan bagi yang tetap menggunakan setang standar jangan lupa sediakan handgrip bekas lengkap dengan gunting atau pisau cutter. Tahap pertama, ukur handgrip bekas menyesuaikan lebar braket handguard, lalu potong. Agar tidak kesulitan memasukkan potongan handgrip ke setang, potong bagian tengahnya. Terahir tinggal pasang deh bautnya, gampang kan? Yuk pasang. • (otomotifnjet.com)

Harga Handguard
Acerbis : Rp 2,2 juta
Fast Way : Rp 2,7 juta
Expedition : Rp 400 ribu
Dirt Racing : Rp 275 ribu
Harga Setang Fatbar
Protaper Contour : Rp 950 ribu
Expedition : Rp 500 ribu
Protaper Fuzion : Rp 1,7 juta
Robby Steam : 085711402319

EDITOR

Dimas Pradopo

Top