Minggu,18 Nov 2012 13:59 WIB

Penulis: Agus Sulis

Aplikasi Pelek Jari-Jari di Balap, Masih Digandrungi!

Foto: Boyo

Aplikasi Pelek Jari-Jari di Balap, Masih Digandrungi!


Pelek jenis spoke alias jari-jari masih digemari di balapan. Ampuh menjinakkan sirkuit non permanen maupun permanen yang dihiasi dengan jalanan bumpy dan bergelombang. Pilihan peleknya banyak. Namun bagaimana dengan pilihan jari-jarinya. Supaya mantap di balap?

Saat ini setidaknya ada 4 merek jari-jari yang menjadi rujukan para pembalap. Yaitu TDR, Excel, TK dan DID. Alasannya, diameter lebih besar, bobot lebih ringan dan yang terpenting kuat. Tidak gampang patah dan tidak mudah bengkok.

“Kalau aku pakai TDR. Bahannya aluminium, ringan dan kuat. Dalam satu musim, paling banyak cuma ganti 2 kali,” tegas Rudi Hadinata, bos tim Yamaha Yamalube FDR KYT Trijaya.

Selain empat merek yang akrab di dunia balap, ternyata masih ada spoke standar bawaan motor yang juga populer dan digemari. Yaitu spoke milik standar Binter Merzy. Sampai sekarang pun beberapa pembalap masih menggunakannya. Diameternya lebih besar dan kuat. “Tapi, paling pas dipakai untuk pelek belakang yang bebannya lebih berat,” tutup Rudi.

“Jadi, gak usah ragu pelek jari-jari. Karena masih dipakai di motocross dunia. Karena ampuh mereduksi getaran,” jelas Ahmad Jayadi, pemilik tim Honda Daya Denso Castrol Showa NHK yang menggunakan spoke Excel Takasago Asia.  (motorplus-online.com)


EDITOR

billy

Top