Kamis,7 Jan 2016 17:12 WIB

Penulis: parwata

Bedah Fitur ECU aRacer 4S, ECU Berkonsep Karburator

Foto: Aant/otomotifnet

Ganti Karet Footstep Honda CB150R StreetFire Modal Satu Kunci

Jakarta - Ultraspeed Racing (USR) sebagai agen ECU standalone aRacer bersiap memasarkan produk barunya, yaitu untuk New Honda Sonic 150R dan Yamaha MX-King 150. “Tipenya RCMini 4S singkatan dari switch, dibekali 4 switch untuk memudahkan penyetelan, karena lebih ditujukan untuk pengguna harian,” terang Freddy A Gautama, owner USR.

ECU asal Taiwan tipe 4S ini dibikin dengan konsep yang meniru karburator. Makanya 4 switch yang dipakai untuk menggambarkan komponen seperti di karburator. Switch B menunjukkan main jet, C untuk pilot jet, D needle jet, sedang A untuk spark angle adjuster atau pengapian.

“Mengaturnya tinggal putar pakai obeng,” lanjut Freddy. Untuk memudahkan memaksimalkan performa, sudah disertakan panduan instalasi. Bagaimana urutannya? Yang pertama diseting adalah switch B sebagai fuel base, terutama jika mesin sudah bore up atau stroke up. Tinggal tambahkan mulai dari 1 sampai 5. Sedang angka 6 sampai 9 malah mengurangi. Setiap klik mempunyai nilai menambah atau mengurangi sebanyak 5%.

Berikutnya yang diseting adalah switch C yang sebagai “pilot jet”, kenop dipakai untuk menyetel pasokan bensin di bukaan gas di bawah 30%, “Lebih untuk penggunaan cruising,” terang Freddy. Sedang switch D dipakai untuk mengatur pasokan bensin di bukaan gas lebih dari 70% atau wide open throttle.

Oh ya, agar pengaturan lebih presisi diperlukan AFR meter, misalnya aRacer AF1 atau DG1. Untuk mengejar performa, AFR diatur di kisaran 13,5:1. Dan bila pasokan masih kurang, menurut Freddy bisa ditambahkan fitur map switch asalkan duty cycle injektor belum melewati angka 90%. Map switch tinggal disambungkan ke soket yang ada.

Adjustment terakhir agar power maksimal bisa dengan mengubah timing pengapian dengan memutar switch A. Bisa dicoba hingga maksimal, yang penting jangan sampai ngelitik. Berminat? Namun sayangnya saat ini belum ready stock. “Baru masuk awal Januari 2016,” lanjut Freddy sambil menyebut harganya maksimal di angka Rp 2,5 juta.

Oh ya, selain aRacer, BRT Juken 3 juga ada untuk MX King 150 dan sedang riser untuk Sonic. Makin banyak pilihan dan memudahkan untuk yang ngoprek kedua bebek super ini! • (otomotifnet.com)

Ultraspeed Racing: 0817-8580-80/021-5366-5127

Bedah Fitur ECU aRacer 4S ECU Berkonsep karburator
Pengaturan tinggal putar pakai obeng
Bedah Fitur ECU aRacer 4S ECU Berkonsep karburator
Ada soket tambahan untuk mini tune, map switch, AF1 atau Cube G
Bedah Fitur ECU aRacer 4S ECU Berkonsep karburator
Selain colok soket, untuk arus listrik pasang kabel merah ke aki
Bedah Fitur ECU aRacer 4S ECU Berkonsep karburator
Berminat? Tunggu pertengahan Januari nanti ya

EDITOR

Dimas Pradopo

Top