Jumat,7 Agust 2015 10:40 WIB

Penulis: pewete pewete

Biaya Servis 3 Tahun Yamaha Soul GT, Tindakan Sesuai Kondisi

Foto: OTO-TEGUH

Biaya Servis 3 Tahun Yamaha Soul GT, Tindakan Sesuai Kondisi



Jakarta
- Yamaha Soul GT jadi generasi skutik injeksi yang pertama selain Mio J dan Mio GT. Rilis tahun 2012 silam, kini usia pakainya sudah mendekati 3 tahun. Performanya pun mulai menurun, karena beberapa part mulai aus dan ruang bakar kotor. Makanya, besutan kudu diservis biar akselerasinya tetap jos gandos bro!

“Dengan melakukan servis rutin atau berkala, akselerasi tetap nendang, enak dipakai harian maupun turing,” papar Istianto, Kepala Mekanik Yamaha Sartika Motor daerah Dewi Sartika, Jaktim. Namun, bila sudah 3 tahun pemakaian atau mencapai 50.000 km harus melakukan pengecekan menyeluruh.

“Tergantung permintaan pemilik dan kondisi motor. Jika gak ada kerusakan cukup menggunakan carbon cleaner dengan cara dituangkan ke dalam tangki. Sedang proses servis besar memakan waktu lama, bisa seharian. Karena harus melepas mesin dari rangka,” tambahnya.

Buat pemakaian Soul GT selama 3 tahun, siapkan dana servis dikisaran Rp 269 ribu untuk penggantian v-belt, filter udara, busi, oli mesin, oli gardan, servis injektor dan jasa servis ringan. “Itu bukan harga pasti yang harus dikeluarkan, bisa lebih sedikit jika minim kerusakan dan penggantian komponen, bisa juga lebih mahal jika menginginkan servis besar bongkar ruang bakar,” terang Istianto.

Sebagai pilihannya, untuk ongkos jasa servis ringan dihargai Rp 40 ribu, lalu untuk servis besar (bongkar blok dan kepala silinder) Rp 175 ribu dan untuk servis CVT dikenakan biaya Rp 35 ribu. Sedang jasa servis injektornya saja dihargai Rp 50 ribu (model infus) sampai Rp 125 ribu (kalibrasi). Bongkar! • (otomotifnet.com)

Daftar Harga Part
Kampas Rem Depan Rp 55 Ribu
Kampas Rem Belakang Rp 44 Ribu
V-Belt Rp 77 Ribu
Roller Rp 48 Ribu
Kampas Ganda Rp 240 Ribu
Filter Udara Rp 41 Ribu
Busi Rp 15 Ribu
Oli Mesin Rp 36 Ribu (SAE 20w-50)
Oli Gardan Rp 10 Ribu (100 Cc)
Jasa Servis Ringan Rp 40 Ribu
Jasa Servis Berat Rp 175 Ribu
Jasa Servis CVT Rp 35 Ribu
Jasa Servis Injektor Rp 50 Ribu


Pembakaran tetap optimal dengan ganti busi, lakukan jika jarak tempuhnya sudah lebih dari 15 ribu km


Supaya semprotan bahan bakar dari injektor tetap lancar, bersihkan dengan injector cleaner.


Jika telah menempuh jarak 15 ribu km, filter udara Soul GT ini harus ganti baru. Tujuannya agar pasokan udara ke ruang bakar tetap bersih
Agar komponen gak mudah aus harus rutin ganti oli mesin tiap 3 ribu km, begitu juga oli gardan


CVT juga perlu di cek. V-belt harus ganti jika sudah getas. Lalu, cek roller dan kampas ganda. Jika tarikan terasa selip, kemungkinan kampas ganda habis


Yamaha Sartika Motor : 021-8090613

EDITOR

Otomotifnet

Top