Jumat,19 Feb 2016 10:42 WIB

Penulis: Otomotifnet

Bikin Spidometer Digital Negatif Display, Nih Caranya!

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Foto 1.

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Foto 4

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Foto 5

Jakarta - Lewat Xabre, Yamaha membawa tren baru pada spidometer digitalnya, dengan negatif display. Tampilan layarnya terbalik dari biasanya, jika umumnya angka  yang gelap dengan background terang (gbr.1), dibalik jadi angka terang dengan latar gelap. Kesan yang terlihat jadi lebih garang, sesuai konsep Xabre.

Mau ikutan bikin negatif display? Ternyata sudah dilakukan pencinta modifikasi panel digital. “Saya sudah sering bikin, pada prinsipnya enggak susah kok,” terang Giagie, spesialis spidometer digital di Ciputat, Tangsel. Menurut Gia, sapaannya, pada prinsipnya mengubah tampilan jadi negatif display cukup dengan membalik filter polarizer paling atas layar LCDnya.

Filter ini tugasnya menampilkan angka atau huruf yang terbentuk dari liquid crystal yang telah dialiri listrik, sehingga terbaca oleh mata. Bagaimana caranya? Pertama tentu saja harus melepas spidometernya dari motor. Kemudian bongkar batok spidometernya, sehingga panel LCD-nya bisa “dioperasi” (gbr.2).

Selanjutnya menggunakan cutter lepas perlahan filter polarizernya (gbr.3). “Harus  pelan-pelan ya,” wanti Gia. Setelah filter terlepas, bersihkan sisa lemnya pakai bensin. Kemudian pasang lagi dengan posisi dibalik. Agar bisa menempel  lagi, gunakan saja isolasi bening, “Isolasi cukup pinggirnya (gbr.4), saat ditutup enggak kelihatan kok,” terang asli Weleri, Semarang ini.

Rakit lagi,  jadi deh (gbr.5). Oh ya, cara ini hanya bisa dilakukan pada panel LCD yang kotak, seperti di Suzuki Satria F150 atau Yamaha NMAX, “Kalau seperti New  V-Ixion, Ninja RR Mono dan lainnya yang enggak kotak, saat dibalik dan dipasang kan enggak pas. Solusinya mesti ganti filter baru,” papar pria yang  tinggal di Jl. Amal Bakti No. 6 RT 03 RW 02 Rengas, Ciputat ini.

Jika harus ganti filter, maka mesti menebusnya seperti di Gia, karena yang jual sangat  jarang. Gia sendiri mendatangkan dari Tiongkok. Sebagai gambaran, jika filter pakai baru ongkosnya untuk Satria Rp 150 ribu, sedang NMAX Rp 200 ribu.  Mau coba? • (otomotifnet.com)

Giagie: 0819-0555-4481

 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top