Senin,14 Nov 2016 11:55 WIB

Penulis: otomotifnet

Cara Ganti Slang Rem ABS, Sebaiknya Pakai Brake Bleeder

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Cara Ganti Slang Rem ABS, Sebaiknya Pakai Brake Bleeder!

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Cara Ganti Slang Rem ABS; gambar 1

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Cara Ganti Slang Rem ABS; gambar 2

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Cara Ganti Slang Rem ABS; gambar 3

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Cara Ganti Slang Rem ABS; gambar 4

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Cara Ganti Slang Rem ABS; gambar 5

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Cara Ganti Slang Rem ABS; gambar 6

Jakarta - Atas dasar tampilan dan daya tahan, banyak modifmania yang mengganti slang rem biasa dengan yang beranyaman kawat baja atau braided brake lines (gbr.1). Untuk rem standar tentu relatif lebih mudah, sedang yang ABS ternyata lebih rumit.

cara ganti slang rem ABS
Gambar 1

Kendala pertama, ternyata jarang toko atau bengkel yang sedia slang rem khusus motor ABS. “Biasanya harus pesan dahulu, karena enggak ready stock,” terang Sudirjo, mekanik Anjany Racing di Arteri Kelapa Dua, Jakbar.

Kendala kedua pada proses pemasangan, terutama ketika melakukan bleeding atau memompa minyak rem sampai angin habis. “Slang remnya kan lebih banyak dan salurannya panjang, sehingga butuh waktu lebih lama,” ujar Tomy Bramudia, dari bengkel Ngayun Speed, yang juga di Arteri Kelapa Dua.

Bisa begitu karena untuk rem ABS, dari master rem baik depan maupun belakang, tersalur dahulu ke modulator (gbr.2) yang biasanya terletak di bawah jok. Dari sana baru diumpan ke kaliper di kedua roda. Dengan jalur yang panjang, tentu saja memompanya jadi lebih lama. Lantas bagaimana sih cara ganti slang rem ABS?

cara ganti slang rem ABS
Gambar 2

Menurut Sudirjo, jika ingin lebih cepat bisa dibantu dengan disedot pakai suntikan (gbr.3). “Setidaknya enggak selama jika hanya dipompa secara manual,” terang pria yang akrab disapa Dirjo ini. Cara ini mesti dilakukan gantian pada kaliper roda depan dan belakang.

cara ganti slang rem ABS
Gambar 3

Mau lebih cepat dan praktis? Menurut Aris Sudiaji, dari bagian servis PT Kawasaki Motor Indonesia, ternyata mesti pakai brake bleeder (gbr.4), yaitu alat untuk menyedot minyak rem. Brake bleeder ini berupa tabung yang atasnya terdapat slang yang dihubungkan ke nipel kaliper, dan ada pipa dengan kran.

cara ganti slang rem ABS
Gambar 4

Pipa ini dihubungkan dengan kompresor karena kinerjanya dengan memvakum tabung, sehingga minyak rem tersedot. Penggunaannya, setelah slang rem semua diganti, tinggal pasang brake bleeder kemudian sedot minyak rem sampai gelembung udara habis (gbr.5).

cara ganti slang rem ABS
Gambar 5

“Selama penyedotan jangan sampai minyak rem di master habis, harus segera ditambahkan jika kurang (gbr.6),” wanti Aris. Jadi mudah deh! • (Aant / otomotifnet.com)

cara ganti slang rem ABS
Gambar 6

Anjany Racing : 0821-9456-913
Ngayun Speed : 0818-737-101  

EDITOR

Dimas Pradopo

Top