Selasa,19 April 2016 08:38 WIB

Penulis: otonet

Cara Mudah Membersihkan Permukaan Luar Blok Silinder, Gak Perlu Pakai Tenaga

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Permukaan blok silinder jadi kuning dan berkerang seiring pemakaian

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Ini asam oksalat setengah kilogram, cuma Rp 20 ribuan

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Cukup 2 sendok atau bisa disesuaikan tergantung banyaknya bagian yang mau dibersihkan

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Campur dengan air secukupnya sambil diaduk sampai larut

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Oleskan dibagian yang dirasa kotor, gak perlu pakai tenaga kotoran langsung rontok

Jakarta -  Seiring berjalannya waktu, blok silinder atau komponen bermaterial babet ada sepeda motor akan terlihat kusam. Rongga di permukaannya dipenuhi kotoran mengerak yang sulit dihilangkan hanya dengan sabun cuci biasa.

Tapi tenang, Fajar Jaya Sukmana punggawa bengkel FJR akan berbagi cara mudah yang bisa dilakukan sendiri. Pria yang akrab disapa Begenk ini menyarankan sebaiknya komponen yang akan dibersihkan dilepas terlebih dahulu. Wah, enaknya saat servis besar nih!

“Membersihkannya menggunakan oxalic acid atau asam oksalat yang banyak terdapat di toko kimia,” serunya. Biasanya dijual dalam beberapa ukuran, yang bungkusan kecil harganya Rp 8 ribuan, kalau yang kiloan kisarannya Rp 20 sampai 40 ribuan.

Setelah dibeli, siapkan kuas, sendok dan mangkok kecil. Tuangkan asam oksalat sebanyai 2 sendok ke dalam mangkok lalu campurkan dengan air secukupnya kemudian aduk hingga melarut. Air larutan ini akan terasa dingin di kulit, tapi hati–hati jika mempunyai luka karena akan terasa perih. Sebaiknya pakai sarung tangan saat mengerjakannya.

Selanjutnya oleskan cairan ini ke seluruh bagian yang dirasa kotor. “Kalau bisa oleskan secara menyeluruh agar tidak belang. Oiya, mengoleskannya tidak perlu pakai tenaga kok, sudah langsung rontok,” beber pemilik badan kutilang, kurus tinggi langsing ini.

Jika secara visual sudah bersih, bilas dengan air lalu lap kering. “Bahan ini memang biasa digunakan untuk membersihkan berbagai peralatan seperti bahan aluminium dan sebagainya. Pakai asam oksalat lebih baik daripada pakai bahan pembersih porselen seperti Vixal, Porstex atau merek sejenih. Karena pembersih porselen meninggalkan kerak putih,” tutupnya. • (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top