Senin,15 Feb 2016 09:18 WIB

Penulis: Otomotifnet

Electric Starter Vespa Sprint Ngadat, Relay Jadi Tersangka!

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Foto 1

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Foto 4

Jakarta - Tengsin itu, pas lagi asyik-asyiknya sama gebetan dan mau ajak riding naik Vespa kesayangan, eh ngadat! Electric starter dipencet, ditekan, didorong sekalipun mesin enggak bereaksi. Apesnya, Vespa Sprint dan Primavera enggak punya kick starter, wah makin panik.

“Gue pernah ngalamin kejadian ini, jadi serba salah, didorong enggak bisa kan matik dan enggak ada kickstarter-nya. Ujung-ujungnya hubungi teman buat dorong motor sampai ke bengkel,” buka Abel Darian pengguna Vespa Sprint. Setelah dicari, tersangkanya adalah relay starter yang longgar lama-kelamaan kotoran masuk, sehingga arus listrik yang seharusnya dialirkan jadi terhalang.

“Namun ada juga yang kumparan di dalam relay sudah gosongdan itu mesti diganti dengan relay baru,” jelas Heriansya, mekanik Casa Da Vespa. “Banyak yang datang pada awalnya bingung menanyakan penyebabnya, tapi setelah tahu penyakitnya, akhirnya merekabisa bongkar sendiri,” beber Fajar Setiawan owner Casa Da Vespa tanpa canggung berbagi pengetahuan.

Menurutnya, selagi relay belum mengalami korsleting, masih bisa diakalin, jangan buru-buru beli relay baru seharga Rp 100ribuan.  Dibersihkan saja! Sediakan obeng min dan plus untuk membuka baut bodi, lalu ampelas ukuran 100 untuk membersihkan bagian yang kotor di dalam soket relay, dan terakhir tang untuk menjepit soket agar kembali rapat. • (otomotifnet.com)

Casa Da Vespa 081293688866

EDITOR

Dimas Pradopo

Top