Senin,21 Des 2015 21:21 WIB

Penulis: parwata

Ganti Balancer Setang Honda Sonic 150R, Maksimalkan Fungsinya!

Foto: OTO-FARIZ

Ganti Balancer Setang Honda Sonic 150R, Maksimalkan Fungsinya!

Jakarta - Selain membuat tampilan motor menjadi lebih keren, balancer atau bandul setang juga mempunyai beberapa fungsi lain seperti pelindung motor saat terjatuh, sebagai penyeimbang dan mengurangi getaran. Pada Honda Sonic 150R juga sudah pakai bandul setang tapi... Materialnya hanya plastik ringan!

Memenuhi fungsi tampilan okelah masih tampak keren, tapi sebagai balancer dan peredam getaran jadi kurang maksimal karena terlalu ringan. Selain itu bawaan Sonic 150R gampang dicabut karena tidak memiliki drat di dalam setang.

Solusinya, yuk coba ganti dengan bandul setang yang lebih berat, yang OTOMOTIF coba bahannya dari stainless. Mudah ditemui kok, beberapa toko aksesori sudah menyiapkan paket untuk bandul setang ini, seperti yang ada di Bola Dunia Motor 2.

“Dengan harga Rp 90 ribu sudah dapat paket bandul setang, baut L, topi atau monel sebagai ring dan drat yang dipasang di dalam setang. Kalau tidak ingin pakai monel bisa ditebus dengan harga Rp 80 ribu saja,” beber Hengky, owner Bola Dunia Motor 2 sambil menyebut Rp 5 ribu untuk ongkos pasangnya.

Prosesnya, lepas dulu bandul setang standar, tinggal cabut aja. Kemudian dilanjutkan dengan menanamkan drat yang berfungsi sebagai pengait bandul yang baru. Setelah drat terpasang saatnya memasang bandul setang dengan baut L, gunakan kunci L10 untuk mengencangkannya.

Bukan cuma keren, fungsinya juga makin maksimal ! • (otomotifnet.com)
 
Penulis/foto: Fariz


Jalu setang bawaan Sonic 150R bahannya plastik ringan


Bandul standar gampang dicabut karena tidak memiliki drat


Beli satu paket, cuma Rp 90 ribu sudah tinggal pasang


Sebelum pasang bandul setang baru, tanam drat dengan cara menggetok menggunakan palu


Agar terpasang sempurna kencangkan dengan kunci L 1O

 

EDITOR

Otomotifnet

Top