Senin,25 Jan 2016 09:11 WIB

Penulis: parwata

Ganti Bohlam Pelat Nomor Honda Vario 125, Keren Pakai LED

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    gbr. 1

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    gbr. 2

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    gbr. 3

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Sorotnya lebih keren pakai LED

Jakarta - Sesuai fungsinya lampu pelat nomor belakang membantu pihak berwajib mengindentifikasi kendaraan. Namun kerap kali lampunya putus dan dibiarkan begitu saja, sebagai pengguna jalan sekaligus warga negara yang baik, wajib benerin tuh!

Bohlam lampu pelat nomor ada yang jadi satu dengan lampu rem atau ada juga yang lebih keren karena terpisah mirip motor gede, contohnya pada Honda Vario 125. Nah, jika bohlamnya putus harus diganti sendiri tanpa utak-atik lampu rem. Cara pasangnya ternyata sangat mudah dan bisa dilakukan sendiri.

“Bohlam yang digunakan kecil, spek 12V 5W banyak dijual di toko aksesori atau bengkel resmi,” ujar Fajar mekanik bengkel FJR di bilangan Pondok Gede, Bekasi sambil mencontohkan cara bongkar pasangnya. Langkah awal adalah melepas cover, caranya dengan mengendurkan 2 baut dengan menggunakan obeng kembang (gbr.1).

Setelah terlepas, di dalamnya terlihat bohlam, tinggal cabut dari fitting-nya kemudian ganti yang baru (gbr.2). “Kalau mau menambah kesan elegan serta irit penggunaan listrik bisa pakai jenis LED. Warna putihnya dijamin bikin motor terlihat keren,” saran pria berbadan kurus tinggi ini (gbr.3).

Jika bohlam baru sudah menancap di dudukannya, jangan lupa untuk menyalakan kontak untuk memastikan bohlam menyala. Selanjutnya pasang sesuai urutan kebalikan. Mudah kan? • (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top