Selasa,24 Mei 2016 09:06 WIB

Penulis: otomotifnet

Ganti Disc Brake Suzuki nex FI, Pakai Punya Titan Aja!

Foto: Aant/otomotifnet

Ganti Disc Brake Suzuki nex FI, Pakai Punya Titan

Setelah melakukan upgrade performa Suzuki nex FI miliknya, dengan bore up, sehingga tenaga melonjak 30%, Benny P Soedarsono merasa jika remnya jadi kurang mumpuni lagi, “Akselerasi lebih responsif dan top speed meningkat, makanya rem mesti diupgrade juga,” ujarnya.

Langkah yang diambil Benny, dengan cara mengganti disc brake atau cakram dengan yang berdiameter lebih besar, sehingga pengereman lebih pakem. Namun kendalanya, cari versi aftermarket untuk nex cukup sulit, “Makanya saya pakai punya Suzuki Smash Titan saja,” lanjut pria berkaca mata ini.

“Gampang pakai Titan, karena dudukan bautnya sama. Tapi diameter lebih besar. Kalau standar nex 190 mm, Titan 220 mm. Lumayan kan? Dan punya Titan lebih tebal, jadi lebih awet juga,” papar Aji Darmo, dari Baraya Motor, tempat Benny mengganti disc brake.

Menurut Benny, disc brake orisinalnya Titan ini ditebus Rp 170 ribu di dealer Suzuki. Untuk pemasangan, karena lebih lebar maka perlu bikin braket kaliper baru, “Bikin di tukang bubut sekitar Rp 100 ribu,” imbuh Aji.

Bagaimana pemasangannya? Berikut seperti dipraktikkan oleh Aji yang bengkelnya berada di Jl. Murni No. 97, Joglo, Jakbar. Yuk disimak. (otomotifnet.com / Aant)

Ganti Disc Brake Suzuki nex FI
Pertama lepas 2 baut kaliper menggunakan kunci sok atau ring 12. Lalu tarik kalipernya dari disc brake
Ganti Disc Brake Suzuki nex FI
Lanjut lepas as roda pakai kunci ring 14. Lalu tarik asnya dan roda pun bisa ditarik
Ganti Disc Brake Suzuki nex FI
Untuk melepas disc brake dari pelek, gunakan kunci L6 untuk membuka 4 bautnya. Kemudian pasang punya Titan
Ganti Disc Brake Suzuki nex FI
Lanjut lepas kaliper dari braket aslinya, termasuk disc pad pakai kunci L4. Lalu pasang ke disc brake baru dan bikin mal braketnya yang akan dibawa ke tukang bubut
Ganti Disc Brake Suzuki nex FI
Jika sudah selesai, rakit kembali dan jangan lupa cek semua baut pastikan sudah kencang. Nah beres deh, silakan jajal respon remnya, pasti lebih ciet!

 

Baraya Motor: 0815-7455-2333

EDITOR

Dimas Pradopo

Top