Kamis,25 Feb 2016 14:05 WIB

Penulis: Otomotifnet

Ganti Gigi Pompa Oli Yamaha V-Ixion, Semprotan Makin Deras

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Meski dipasang di dalam mesin, tampilannya tetap menarik. Ada 2 pilihan warna, kuning dan merah.

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Paket sudah termasuk gir beserta pelengkapnya seperti klip.

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Jika sudah terpasang, posisinya seperti ini.

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Posisinya ada di gambar nyang dilingkari, harus membuka beberapa baut untuk melepasnya.

Jakarta - Sesuai fungsinya, pompa oli bekerja memompa oli pada crankcase agar dapat naik ke kepala silinder. Sehingga pelumasan semua komponen mulai dari noken as, klep hingga komponen kecil lainnya bisa terpenuhi. Nah, buat pemilik Yamaha V-Ixion yang doyan balap, bore up atau turing ada cara mudah meningkatkan kerja pompa oli standar. Yaitu dengan mengganti Gigi Pompa Oli Yamaha V-Ixion bermerek  SRP yang ditawarkan USR (Ultra Speed Racing).

“Gir ini memiliki diameter lingkar yang sama tapi jumlah mata girnya lebih banyak 1 mata ketimbang standar,” jelas Freddy A Gautama, owner USR. “Efeknya, setelah mengganti gir pompa oli ini tentu saja semprotan oli menjadi lebih deras dari standar,” beber pria berkacamata ini sambil menjelaskan pendinginan yang lebih optimal sangat dibutuhkan oleh mesin yang bekerja keras seperti tunggangan balap atau mesin bore up yang dipakai turing.

Meskipun berada di dalam mesin, komponen yang dijual Rp 150 ribuan ini tersedia dalam 2 pilihan warna yaitu kuning dan merah. Untuk proses penggantiannya, lumayan ribet karena harus bongkar cover bak mesin sebelah kanan. Mau bongkar sendiri? Pertama pastikan oli mesin sudah dikeluarkan dari bak mesin. Lalu siapkan kunci T 8, untuk membuka seluruh baut pengunci bak kopling. Masih menggunakan kunci T 8 untuk membuka dua baut pengunci gir pompa oli.

Setelah plat pengunci terlepas, lanjutkan dengan melepas klip gir dengan menggunakan obeng pipih. Cabut gir kemudian pasang dengan cara sebaliknya. Oiya, ayah dari dua orang puteri ini menambahkan jika produk asal Taiwan ini juga plug and play dengan mesin Yamaha MX King dan YZF-R15. Sip deh! • (Otomotifnet.com)

USR : 0817858080

EDITOR

Dimas Pradopo

Top