Rabu,13 April 2016 07:03 WIB

Penulis: otonet

Ganti Kabel Kopling Universal, Lebih Murah Pakai Vespa

  • Foto: ketut/otomotifnet

    Foto 1

  • Foto: ketut/otomotifnet

    Foto 2

  • Foto: ketut/otomotifnet

    Foto 3

  • Foto: ketut/otomotifnet

    Foto 4

Denpasar -  Kabel kopling putus? Waduh, males banget deh! Bukan cuma ngerepotin, saat ganti biasanya satu set dengan kulit kabel bagian luar. Untuk motor sport sekelas Ninja 250, harga satu setnya sekitar Rp 90 ribuan.

“Padahal biasanya yang putus cuma kabel dalamnya saja atau kabel seling,” buka Hery Sugianto Yulianto dari bengkel Nuansa Motor. “Ada trik jitu yang cukup murah lho,” jelas Ery sapaan akrabnya.

Cukup beli seling kopling Vespa lawas bermesin 2-tak (Gbr.1). Di pasaran biasanya dibanderol Rp 7 ribuan dan nepel kopling yang harganya cuma Rp 2 ribuan.

Untuk pemasangan, mekanik yang bengkelnya ada di Jl. Tukad Yeh Aya, Denpasar, Bali ini juga menganjurkan untuk membeli baut L-3 tanam untuk menggantikan baut bawaan nepel (Gbr.2). Harganya murah kok, sekitar Rp 1.000 Rupiah.

Yuk langsung pasang! Memang harus sedikit repot tapi bisa lebih rapi, misal di Kawasaki Ninja 250. Pertama gerinda terlebih dahulu kepala pengait di ujung seling kopling Vespa agar bisa masuk ke tuas kopling di magnet (Gbr.3).

“Jika kepala pengait sudah terpasang pada tuas kopling di bak mesin, lalu masukkan seling ke kulit kabel kopling menuju ke tuas kopling di setang,” terang pria berbadan gempal ini sambil mempraktekannya dari bawah.

Berikutnya memasang nepel kopling pada seling kopling Vespa. “Pastikan baut bawaan nepel kopling sudah diganti dengan baut L-3 tanam ya,” ingat Ery seraya mengukur jarak ideal panjang seling kopling sesuai kebutuhan.

Caranya, posisikan setelan kopling di tuas pada posisi tengah lalu masukkan ujung seling ke lubang nepel dan ukur sesuai panjang ke lubang nepel di tuas kopling (Gbr.4). Setelah didapat ukuran yang ideal, kencangkan baut L-3 tersebut. “Ingat harus kencang agar tidak terlepas ketika kopling ditarik,” wanti Ery.

Agar rapi potong sisa seling dengan gerinda. Kelar deh, lebih murah dan sama rapinya dengan beli satu set! • (otomotifnet.com)

Penulis / Foto : Ketut

EDITOR

Dimas Pradopo

Top