Selasa,6 Okt 2015 19:19 WIB

Penulis: pewete pewete

Ganti Laher Komstir, Cek Berkala Sebelum Rusak

Foto: OTO-POPO, HONDA

Ganti Laher Komstir, Cek Berkala Sebelum Rusak

Jakarta - Setang susah belok, terasa keras saat diputar kemudinya. Ada juga yang mengeluh oblak, paling terasa saat melakukan pengereman keras. “Bisa jadi komstirnya bermasalah,” buka Endro Sutarno, Technical Service Training Instructor, Astra Honda Training Center, PT Astra Honda Motor (AHM).


Selain bola laher yang rusak, rumahnya juga bisa rusak. Contohnya seperti ini, timbul banyak cekungan
 
Umumnya, masalah seperti ini terjadi pada motor yang telah berumur. Diperparah jika kondisi jalan yang dilalui cukup ekstrem dan kurangnya perawatan. “Untuk perawatan, jangan menunggu terasa oblak atau jadi susah belok baru dicek. Seharusnya setiap kali servis berkala atau setiap 4.000 km diperiksa kondisinya,” jelasnya.
 
“Kalau oblak karena komstir kendor, jika dibiarkan bisa makin parah. Bola-bola lahernya bisa bertumpuk, bahkan pecah. Begitu juga dengan pelumasnya, bisa jadi kering,” terang pria yang berkantor di Sunter, Jakut ini. Selain bola laher yang rusak, kerusakan pada komponen ini juga bisa terjadi pada rumahnya. Karena minim pelumasan timbul cekungan-cekungan bola laher.
 
“Ini yang bikin setang sulit dibelokan karena bola laher terjebak di cekungan tadi. Kalau sudah parah seperti ini, solusinya harus ganti,” ungkapnya. Untuk melakukan penggantian sediakan dulu laher komstir. Satu set dijual dengan harga beragam tergantung tipenya, bebek hanya Rp 78 ribu, sedang sport kecuali Honda CBR250R harganya Rp 90 ribu.

“Untuk CBR250R harganya beda sendiri, Rp 450 ribu,” beber Muhammad Rifat, koordinator spare part di AHASS Honda Wahana Gunung Sahari Jakpus. Pemasangannya boleh dibilang cukup ribet, harus menanggalkan body part bagian depan. Dicontohkan pada Honda MegaPro, harus melepas headlamp hingga setang dan as sokbraker depan.

Kemudian melepas pula segitiga atas-bawah. Setelah semua terlepas buka baut komstir atau bahasa kerennya, steering top thread. “Sebaiknya menggunakan special tool, lock nut wrench. Bisa juga diketok pakai pahat, tapi riskan merusak bautnya,” beber Safrudin, kepala bengkel AHASS Clara Motor II di Jl Panjang, Kebon Jeruk, Jakbar.

Diikuti dengan melepas rel bola lahernya, ada dua di atas dan bawah. “Dipukul dengan pahat atau tools sejenis, hati-hati saat melepas dan memasangnya kembali. Saat memasangnya, posisinya harus benar-benar lurus, jangan sampai miring,” wanti pria ramah ini.

Sedang untuk gemuk dianjurkan pakai yang memiliki spek tahan tekanan sangat tinggi. “Biasanya materialnya urea, di Honda kami menganjurkan pakai EXCELIGHT EP2 yang diproduksi Kyodo Yushi Jepang atau Shell ALVANIA EP2,” rinci Endro. Sebaiknya langsung serahkan pada ahlinya! . • (otomotifnet.com)


Sediakan satu set laher komstir baru, harganya mulai Rp 78 ribuan


Gunakan special tool, lock nut wrench untuk melepas laher komstir



Pasang rumah laher yang baru, awas jangan sampai miring


Gemuknya pakai yang tahan tekanan sangat tinggi

EDITOR

Otomotifnet

Top