Rabu,16 Sept 2015 16:02 WIB

Penulis: pewete pewete

Ganti Sepatbor Belakang All New Honda CB150R, Tampil Makin Ramping

Foto: OTO-Aant

Ganti Sepatbor Belakang All New Honda CB150R, Tampil Makin Ramping

Jakarta - Menyadari semakin banyak konsumennya yang suka modifikasi, hampir tiap meluncurkan produk baru, Honda menyertakan beragam aksesori pendukung. Tak terkecuali untuk All New Honda CB150R StreetFire.



Salah satu yang menarik adalah fender eliminator, atau pengganti sepatbor sebagai dudukan plat nomor dan sein (gbr.1). Desain lebih ramping dan pendek. Cocok untuk yang ingin tampil minimalis dan menonjolkan bentuk buntut yang lancip. Sayang sejak launching awal bulan lalu, fender eliminator ini belum keluar harganya.



Tapi, buat nanti yang ingin ganti sepatbornya, enggak ada salahnya untuk mengetahuinya. Ternyata mudah banget! “Sepatbor belakang didesain gampang dilepas, cukup lepas 3 baut maka buntut langsung bersih,” terang Sriyono, Technical Service Division PT Astra Honda Motor.



Benar saja, cukup bermodal kunci 12 jenis ring atau sok, maka penahan cipratan dari roda belakang ini bisa dilepas. Baut pertama ada di balik jok, tentu buka dulu joknya. Nah tampak kan, ambil kunci lalu kendurkan (gbr.2). Dua baut lain ada di bawah, jadi mesti sedikit ngolong. Lepas juga secara perlahan bergantian (gbr.3).



Sebelum semua baut lepas, copot dahulu kabel lampu sein. Soketnya ada di depan lampu rem. Cabut deh 4 kabelnya (gbr.4). Selanjutnya tinggal lepas sepatbor, wuih jadi slim banget ya (gbr.5)! Berikutnya pindahkan sein ke fender eliminator dan pasang lagi dengan langkah kebalikan proses pembongkaran.



Oh ya, sebaiknya penggunaan fender eliminator ini saat musim kemarau saja. Jika dipasang saat musim hujan, maka cipratan air akan tinggi, enggak hanya mengotori pembonceng, tapi juga pengendara lain di belakangnya.

Lebih keren ya? • (otomotifnet.com)

EDITOR

Otomotifnet

Top