Senin,4 Jan 2016 17:07 WIB

Penulis: parwata

Ganti Sil As Roda Vespa LX 150ie, Nih Penyebab Rem Belakang Blong!

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Langkah 1.

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Langkah 2.

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Langkah 3.

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Langkah 4.

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Langkah 5.

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Ganti Sil As Roda Vespa LX 150ie Penyebab Rem Belakang Blong

Jakarta - Galih heran dengan Vespa LX 150ie 2014 miliknya, karena kendati tuas rem belakang ditarik, skuter Italia itu tetap ngeloyor. “Aneh nih, kayak enggak ada remnya gitu,” curhatnya. Wah bahaya tuh, karena di skutik rem belakang sangat dibutuhkan, kalau cuma pakai rem depan gampang slip.

Enggak mau celaka di jalan, Galih langsung menuju Pro Scooter, bengkel langganannya yang terletak di Bintaro. “Ini sih masalah khas Vespa, pasti sil as roda sudah minta diganti tuh,” analisa Kusdi, mekanik Pro Scooter. Menurut Kusdi, sil yang bertugas menyekat oli girboks agar enggak rembes ke ruang teromol ini memang usianya terbilang singkat. “Paling lama setahun lah, rata-rata sih 6 bulan sudah mulai bocor,” imbuhnya.

Kalau sudah mengalami masalah ini, tentu saja wajib segera ganti silnya deh. Berapa ongkosnya? “Harga silnya Rp 90 ribu, sedang jasanya Rp 135 ribu,” terang Panji Pangestu Wahjuno, Head of Marketing & Promotion bengkel yang berada di Jl. Tegal Rotan Raya, Bintaro, Tangsel ini. Seperti apa sih proses penggantiannya? • (otomotifnet.com)

Pro Scooter: 0812-8197-8217

Nih Langkah Pengerjaannya:

1.    Ini nih sil as roda yang diganti, kodenya 35x47x7
2.    Untuk melepasnya, pertama harus mencopot roda dengan membuka murnya pakai kunci sok 24
3.    Berikutnya buka rumah girboks dengan membuka 8 buah baut 10, pakai kunci sok atau ring
4.    Posisi sil ada di sisi dalam, di balik bearing laher as roda. Nah sebelumnya harus melepas bearing ini dulu dengan melepas ring spi pengancingnya
5.    Lepas sil yang rusak, lalu pasang yang baru. Kusdi menambahkan jangan lupa bersihkan dulu teromol dan sekalian ganti kampas rem dengan yang baru

Penulis / foto : Aant

EDITOR

Dimas Pradopo

Top