Senin,8 Agust 2016 16:47 WIB

Penulis: otomotifnet

How To Buy Yamaha All New Soul GT 125 Tahun 2015, Masih Rp 13 Jutaan

  • Foto: Bob/otomotifnet

    How to Buy Yamaha All New Soul GT 125

  • Foto: Bob/otomotifnet

    Ruang barang tidak mengecewakan anak kampus untuk membawa barang bawaannya

  • Foto: Bob/otomotifnet

    Kesan premium terasa lewat penggunaan emblem chrome

  • Foto: Bob/otomotifnet

    Model jok cukup membuat lelah bikers bila bepergian jauh

  • Foto: Bob/otomotifnet

    Lakukan servis berkala agar kondisi mesin selalu sehat

  • Foto: Bob/otomotifnet

    Shutter key sip melindungi motor dari maling saat parkir

  • Foto: Bob/otomotifnet

    Redaman suspensi agak keras

  • Foto: Bob/otomotifnet

    Spidometer mudah terpantau meskipun motor dipacu dalam kecepatan tinggi

  • Foto: Bob/otomotifnet

    Tampilan belakang awet untuk beberapa tahun ke depan

Jakarta - Salah satu jenis motor yang sedang banyak dicari konsumen Indonesia baik baru ataupun bekas adalah skutik. Nah, mengingat dalam kurun satu tahun ini produsen motor di Indonesia menelurkan banyak produk skutik baru, kini semakin mudah bagi peminat motkas untuk menemukan unit bekas dengan tahun muda.

Nah, salah satu yang bisa dipilih adalah Yamaha All New Soul GT 125 yang hadir pada tahun 2015. Unit bekas skutik ini memiliki sejumlah keunggulan. Poin pertama ada pada mesin berkapasitas 125 cc yang diusungnya.

Dengan teknologi Blue Core, mesin ini mengedepankan efisiensi bahan bakar tanpa mengorbankan performa. Alhasil cocok untuk pemakaian di daerah perkotaan yang berkarakter stop and go. Poin kedua desain yang diberikan Yamaha, skutik ini kental dengan nuansa futuristis lewat garis desain yang tajam dan dimensi bodi lebar. Dengan model seperti ini membuat tampangnya tetap up to date untuk dua sampai tiga tahun ke depan.

Berikutnya adalah fitur, dimana All New Soul GT 125 mengadopsi beberapa fitur, seperti lampu depan LED, kapasitas bagasi 14 liter, dan lampu indikator eco pada spidometer yang membantu Anda agar dapat berkendara secara lebih efisien.

Pun begitu, mengingat kondisi unit motor bekas tidak ada yang sempurna, sebaiknya perhatikan kondisi bodi. Pada dek tengah biasanya banyak goresan yang disebabkan oleh gesekan dengan sepatu atau barang bawaan. Kedua, perhatikan kondisi sistem injeksi.

Fuel pump skutik ini tergolong rentan bermasalah jika diisi dengan bahan bakar Premium,” ujar Haikal Service Advisor dari PT Sumber Mas Motor, bengkel resmi Yamaha di daerah Kalibata, Jakarta Selatan. “Selain itu cek juga komponenkomponen fast moving seperti kampas rem, kampas kopling, oli gardan, dan seterusnya,” tambah Haikal.

Menyoal harga di showroom motkas dan situs jual beli on line, saat ini harga pasaran untuk unit bekas All New Soul GT 125 ada di kisaran Rp 11 juta – Rp 13 juta. Tentu harga bergantung pada kondisi barang dan kelangkapannya. • (otomotifnet.com / Bob)

Menakar Biaya Servis
Setelah berhasil meminang All New Soul GT 125, ada baiknya Anda segera mungkin melakukan servis plus pengecekan mesin di bengkel resmi Yamaha terdekat. Kisaran biayanya sendiri sekitar Rp 32 ribu untuk melakukan servis ringan dan Rp 90 ribu untuk servis besar.

Nah jangan lupa juga untuk melakukan servis CVT dan pembersihan injektor, masing-masing dibanderol Rp 30 ribu dan Rp 50 ribu. Sedangkan untuk spare parts, sebagian besar komponen yang diganti masih berkutat di komponen fast moving.

Plus:
1. Value for money
2. Model fresh
3. Jok empuk

Minus:
1. Belum mengadopsi radiator
2. Redaman suspensi keras

Spesifikasi singkat:
Kapasitas Mesin: 125 cc
Konfigurasi Mesin: 1 silinder, 2 klep SOHC
Transmisi: A/T

Harga Komponen:
Kampas rem depan Rp 55.000
Kampas rem belakang Rp 45.000
Filter udara Rp 42.000
Busi Rp 13.500
Oli gardan Rp 33.000
Oli mesin Rp 57.000
Gear Oil Rp 10.500
V-belt Rp 77.000
Roller Rp 9.000 / pcs
Sumber: Yamaha Kalibata (PT Sumber Mas Motor), Jl. Raya Pasar Minggu No.11, Kalibata, Jaksel. Telp: (021)-7974259.

EDITOR

Dimas Pradopo

Top