Kamis,10 Des 2015 11:45 WIB

Penulis: Denta

Manfaat Lain Brake Cleaner, Bisa Buat Bersihin Kotoran di Mesin!

  • Foto: Denta

    Mesin dengan kotoran oli campur debu

  • Foto: Denta

    Semprotkan brake cleaner ke bagian yang kotor

  • Foto: Denta

    Bersihkan pakai kuas atau sikat biar maksimal

  • Foto: Denta

    Bersih kan?

Jakarta - Cairan brake cleaner selain mampu membersihkan perangkat pengereman seperti kampas rem, kaliper dan lainnya ternyata memiliki manfaat lain. Tepatnya untuk membersihkan noda atau kotoran di mesin.

"Brake cleaner bisa digunakan juga untuk membersikan kotoran atau kerak di mesin. Tinggal semprot dan kotoran seperti oli yang bercampur debu bisa rontok," jelas Unggul Prasetyawan, owner Sentral Jaya Motor (SJM), penjual aneka ragam oli dan cairan untuk kendaraan di Plaza Atrium Senen, Jakarta.

Tapi ada yang perlu digarisbawahi sebelum memptaktikkan. "Semprot brake cleaner hanya pada bagian mesin yang terbuat dari logam atau metal, seperti head silinder, blok mesin dan lainnya. Karena cairannya cukup keras dikhawatirkan bisa merusak bagian mesin yang terbuat dari bahan plastik atau karet," himbaunya.

Sekarang mari kita buktikan, motor yang digunakan bertipe sport karena mesinnya terbuka jadi lebih rawan kotor. Setelah mempersiapkan cairan brake cleaner, langkah pertama langsung semprotkan ke bagian yang kotor.

Agar lebih maksimal, bisa diikuti dengan membersihkan menggunakan sikat atau kuas. Setelah itu bersihkan dan keringkan menggunakan kain lap dan lihat khasiatnya. (motor.otomotifnet.com)

EDITOR

Denta

Top