Minggu,13 Sept 2015 09:47 WIB

Penulis: pewete pewete

Mengenal Washing dan Detailing, Cuci Motor Plus-Plus

Foto: OTO-Teguh

Mengenal Washing dan Detailing, Cuci Motor Plus-Plus


Bahan-bahan shampoo atau polishing pakai merek ternama, salah satunya Meguairs

Jakarta - Punya motor keren, tapi tampilannya dekil and kumal alias kotor. Enggak banget! Pastinya jadi gak enak dipandang, memicu timbulnya karat dan bikin kusam komponen berlapis cat juga krom. Tapi tenang, kini sudah banyak yang menerima layanan cuci motor plus-plus, washing and detailing.

“Pada pencucian ini, diikuti dengan polishing yang bukan sekadar poles. Pencucian benar-benar dibersihkan sampai ke sela-sela terkecil. Baik dari bodi, rangka sampai mesin. Diakhiri dengan memoles hingga kinclong. Jadi, bersih luar-dalam,” ucap Jay Manae, salah satu owner Restomax Moto Detailing di Jl. Lebak Bulus 1, Jaksel.

Diamini juga oleh Joddy Ario, pemilik bengkel JDM Project yang menerima jasa cuci and autodetailing motor. “Bahwa, proses cuci dan detailing itu sampai melepas semua bodi besutan. Baik itu motor berkapasitas mesin kecil hingga sekelas Harley-Davidson (HD),” tambah Joddy, sapaanya.

Proses pengerjaannya juga tidak sebentar. Untuk motor kecil hingga moge, bisa diselesaikan dalam 8 jam sampai satu hari. Kecuali untuk HD, karena rumit bisa memakan waktu hingga 2 hari. Nyok, bikin kinclong! • (otomotifnet.com)



Pencucian menggunakan ember khusus yang bisa menyaring pasir atau kotoran
PENCUCIAN
Sebelum dicuci dan melepas bodi, dilakukan scrut atau pengecekan kondisi motor bersama pemilik motor. “Untuk mengetahui kondisi awal motor, juga untuk menunjukan permintaan khusus konsumen saat pencucian atau detailing,” jelas Joddy.

Tahap awal, seluruh bagian dibersihkan dulu dengan air bertekanan agar kotoran rontok. Dilanjutkan melepas bodi dan  membersihkan sela-sela mesin, pelek dan sasis dengan sikat kayu. Sedangkan sabunnya pakai sabun cair untuk cuci piring, karena mampu mengangkat minyak atau oli motor.

Rangka juga dibersihkan dan dipoles
“Kita gak memakai sabun colek, karena bisa membuat cat jadi pudar. Kecuali untuk kotoran yang membandel atau sudah dihilangkan. Selain sabun cair cuci piring, kita juga menambahkan sabun khusus racikan sendiri pada pencucian bagian kolong,” papar Jay.

Lalu, bodi yang dilepas tadi juga dibersihkan bagian dalamnya. “Bukan cuma bodi yang berlapis pernis aja, tapi area dalam bodi juga kita bersihkan pakai shampo khusus. Gak semua gerai cuci membersihkan bagian tersebut,” tambah Joddy. Setelah semua dibersihkan dilanjutkan proses pengeringan.


Proses poles bisa manual atau dengan alat khusus
DETAILING
Ada tahapan saat masuk ke proses detailing. Pertama pengeringan. Tahap ini menggunakan 2 atau 3 lap pengering chamois yang berbeda dan juga angin kompresor buat mengeluarkan air yang mengendap di sela-sela kecil. Air yang disemprot angin langsung disapu dengan lap pengering, agar tidak mengendap dan meninggalkan flek.

Ditahap kedua, proses cutting atau mengangkat kotoran yang menempel keras dengan compound. “Pada tahap ketiga, proses polishing. Yakni, menghilangkan baret-baret halus pada bodi atau swirlmask (sarang laba-laba). Ini bisa dilakukan dengan cara manual atau mesin.

Tapi, di sini kita lebih sering pakai manual, karena bisa sampai sela-sela bodi,” jelas Jay. Di tahap terakhir dilakukan waxing menggunakan bahan kimia khusus dan dilanjutkan memoles kembali, bisa dengan cara manual atau pakai alat poles double action merek Meguiars

Pada bodi model kulit jeruk, dipoles cairan khusus

Size                  Regular Wash              Wash & Wax            Premium Wash & Wax           Body Detailing
Small                  17 ribu                    25 ribu                    35 ribu                              200-250 ribu
Medium               20 ribu                    35 ribu                    45 ribu                              350-500 ribu
Large                  25 ribu                    40 ribu                    50 ribu                              500-750 ribu
Extra-large              ----- -                  70 ribu                 100 ribu                              1 juta up
Restomax Moto Detailing : 0888-1944864


Table Harga Cuci Dan Detailing
Paket Cuci Detailing Plus Wax
125 cc down            : Rp 75-100 ribu
150–250 cc             :  Rp 100-150 ribu
Big skutik, 300 cc up : Rp 100-175 ribu
HD cuci detailing       : Rp 100-200 ribu

Paket Full Autodetailing
125 cc down                : Rp 285 ribu
150-250 cc                  : Rp 350-385 ribu
Big skutik, 300-1000 cc  : Rp 385-450 ribu
HD                              : Rp 700 ribu – 1 juta
JDM Project : 021-8660186 / 0819-32797894






EDITOR

Otomotifnet

Top