Kamis,21 Jan 2016 13:07 WIB

Penulis: parwata

Modif Sok Belakang Yamaha NMAX Jadi Double Rebound, Lebih Empuk

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Gbr. 1

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Gbr. 2

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Gbr. 3

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Gbr. 4

Jakarta - Keluhan sokbreker belakang Yamaha NMAX keras sudah lama terdengar, salah satunya diutarakan Feri Rahman, pengguna skutik 150 cc itu sekaligus pemilik bengkel sokbreker mobil Feri Creative Shock (FCS) di Jl. Panjang, Permata Hijau, Jaksel. “Salah satu sebabnya ulir per kecil dan jaraknya renggang, makanya keras (gbr.1),” analisa Feri. Karena itu Feri mencari sokbreker motor lain yang dimensi sama tapi punya per lebih besar dan jaraknya rapat.

“Setelah hunting, punya X-Ride panjangdan dudukannya ternyata sama dengan NMAX (gbr.2) dan ulirnya lebih besar dan rapat. Namun sayang masih single action. Jadi kalau untuk boncengan kurang nyaman, jadi tetap keras,” lanjut pria asli Bandung ini. “Biar nyaman, sokbreker X-Ride harus dibikin double rebound,” lanjutnya. Wah diapain tuh ya? “Bagian dalam standarnya kan isinya oli, jadi ketika as (gbr.3) masuk saat amblas tidak ada dorongan kembali naik.

Nah saya modifikasi ditambah gas, sehingga setelah amblas as akan kembali naik, makanya dinamakan double rebound, mau sendirian atau boncengan jadi tetap nyaman,” papar pria berperawakan kekar ini. Untuk memodifikasi, maka tabung sokbreker dibongkar total untuk dimodifikasi bagian dalamnya termasuk pakai sil khusus agar gas nitrogen tidak bocor.

Termasuk juga dibor di bagian bawahnya (gbr.4). Sayangnya Feri merahasiakan detail dalamnya. Kalau berminat, Feri menawarkan sokbreker XRide yang sudah dicustom ini seharga Rp 1,2 juta sepasang. Dengan bonus garansi 6 bulan. “Ayunan nya jadi lebih nyaman, baik sendiri atau boncengan. Pinggang jadi enggak sakit lagi,” kesan Yoyo, owner NMAX dari Ciledug, Tangerang yang sudah mengaplikasi. Empuk deh! • (otomotifnet.com)

Feri Creative Shock: 0812-9165-2888

EDITOR

Dimas Pradopo

Sabtu,1 Okt 2016 18:45 WIB

KUN Manado 2016

Jumat,23 Sept 2016 10:30 WIB

Toyota Sienta - Test Drive Review

Top