Kamis,12 Mei 2016 09:45 WIB

Penulis: otomotifnet

Modifikasi Laher Kopling Yamaha YZF-R25 dan MT-25, Lebih Aman Dengan Laher Bambu

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Gbr. 1

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Gbr. 2

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Gbr. 3

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Gbr. 4

  • Foto: Aant/otomotifnet

    Gbr. 5

Jakarta - Problem laher kopling Yamaha YZF-R25 atau MT-25 pernah diulas di OTOMOTIF edisi 30:XXV. Yang terjadi laher rusak sehingga mengakibatkan proses pindah gigi jadi susah. Menurut M. Abidin, GM Service & Motorsport PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing, kemungkinan terjadi karena suplai oli kurang akibat terlalu sering main rpm rendah.

Tapi jangan khawatir, jika mengalami bawa saja ke bengkel resmi untuk pengecekan. “Kan masih tercover garansi, klaim saja,” imbuhnya. Kalau di bengkel umum, lahernya diganti dari aslinya Koyo 6901, diganti SKF 61901-2Z (gbr.1).

Ada juga cara lain seperti dilakukan Afandi, dari bengkel Afmos di di Jl. Ciledug Raya, Petukangan Utara, Jaksel. Dengan diganti laher bambu (gbr.2),

“Kalau lihat konstruksinya yang model tarik, lebih pas pakai laher bamboo karena bebannya ke samping, saya terinspirasi dari laher kopling Yamaha Force 1,” terang Afandi.

“Setelah pakai laher bambu merek NTN ini (gbr.3), dijamin enggak akan rontok lagi dan pindah gigi jadi sangat empuk, karena beban kerjanya pas,” imbuh pria yang keseharian naik Soul GT bore up ini. Jika ingin aplikasi, ternyata enggak plug and play,

“Lubangnya harus dibubut (gbr.4), karena laher bambu yang ukurannya langsung pas enggak ada,” lanjutnya.

Jadi jika ukuran aslinya berdiameter 25 mm, diperlebar 2 mm jadi 27 mm. Sedang laher bambunya berdiameter 26 mm. Jika rumah kopling aslinya sayang untuk dibubut dan ingin disimpan, Afandi menawarkan yang siap pakai dengan bonus per custom dengan harga Rp 900 ribu (gbr.5).

Silakan dicoba! • (otomotifnet.com / Aant)

Afmos: 0878-8008-1119

EDITOR

Dimas Pradopo

Top