Jumat,2 Des 2016 10:45 WIB

Penulis: otomotifnet

Nih Patokan Memperbesar Ukuran Pelek dan Ban CBR150R Dengan Swing Arm Standar

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Ban 150/60 dengan pelek 4,5 inci rantai tipis dengan bibir ban

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Ban ideal untuk pelek standar ukuran 140/70, banyak pilihan di pasaran

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Sisi kanan ban dengan swing arm sisa ‘sejari’

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Rantai tambah adaptor agar gir lebih keluar dan rantai tidak bergesekan dengan ban

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Pakai ban 150/60 plus pelek 4,5 inci ternyata masih pantas dan terlihat lebih gagah dan berisi

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Ban dengan profil U (kiri) cocok untuk pengendara yang senang long trip, sedangkan profil V (kanan) pas untuk rider berkarakter agresif

Jakarta - All New Honda CBR150R dibekali bodi ramping dengan banyaknya sisi tajam yang aerodinamis. Dilengkapi pelek 2,50 dan 3,50 inci dibalut ban 100/80-17 dan 130/70- 17. Sudah cukup keren? Ternyata masih ada yang kurang puas! Seperti apa sih Kombinasi Pelek dan Ban All New Honda CBR150R biar tampilan makin keren? Simak terus!

Seperti surat pembaca yang masuk ke mail box redaksi OTOMOTIF. Tenang kami paparkan gambarannya. Yang jelas, upsize atau membesarkan pelek dan ban ini jangan asal pilih, karena malah akan membuat tampilan aneh, membebani kinerja mesin dan boros bensin, juga mengorbankan kenyamanan berkendara.

“Kalau untuk upsize ban rekomendasi satu step ke atas, misal dari 130/70 menjadi 140/70. Karena tarikan motor jadi rada berat kalau diganti yang lebih besar. Selain itu perlu diperhatikan juga jarak antara dimensi luar ban dengan bodi motor, jangan ada gesekan,” beber Dodiyanto, Marketing Product Manager Development PT Gajah Tunggal Tbk, produsen ban IRC dan Zeneos.

Masih kurang? Bisa pakai ukuran 150/60 tapi sebaiknya pakai pelek aftermarket yang lebih lebar.

“Dengan ban 150/60 sebaiknya lebar pelek juga naik jadi 4,5 inci supaya fitment ban tidak terlalu membulat. Pakai ban ukuran ini sisa jarak ban dengan arm sekitar 2–3 mm,” ujar Yusa Firdaus, punggawa Gado–Gado Tapak Lebar, spesialis kaki–kaki lebar yang ada di bilangan Galaxy, Bekasi Selatan. Wah, tipis banget!

Seperti Aden Ragil Simpatik yang memasang pelek Axio dengan lebar depan 3 inci di roda depan dan 4,5 inci di belakang CBR150R kesayangannya.

“Pelek pakai punya CBR150 versi sebelumnya, karena untuk versi ini belum ada yang buat, pemasangan gak bisa asal pasang karena harus dibuatkan adaptor gir belakang, agar gir lebih keluar dan rantai tidak bergesekan dengan ban. Kalau tidak pakai adaptor jadi serba salah, rantai tidak menggesek ban tapi ban depan dan belakang tidak sejajar,” ucapnya.

Ban depan pakai 120/60 sama sekali tidak ada masalah karena masih jauh dari sepatbor dan tabung suspensi, ban /60 ini tampil lebih sporti karena punya dinding yang lebih tipis atau ceper. Tapi kalau menghajar lubang atau jalan bergelombang akan lebih terasa.

Tidak tentang ukuran saja, profil ban juga menjadi perhatian. “Ban yang mempunyai sudut V akan menguntungkan bagi rider yang punya karakter agresif. Sedangkan ban bersudut U baik untuk pengendara yang sering berkendara jauh,” jelas Pradiptyo Ariawan, owner Rumah Ban Motor, di bilangan RS. Fatmawati, Jaksel.

Selain itu, cari juga ban depan yang punya profil tebal /80. “Karena ini dapat membantu untuk menahan vibrasi akibat jalan tidak rata yang dapat membuat rider cepat lelah,” tambah Pradiptyo. • (Fariz / otomotifnet.com)

Rumah Ban Motor 0878-80706878
Gado–Gado Tapak Lebar 0856-92139629 

EDITOR

Dimas Pradopo

Top