Senin,7 Maret 2016 11:45 WIB

Penulis: Otomotifnet

Panduan Servis BMW R 1200 GS, Free Only for Members

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Ganti oli dengan yang sudah direkomendasikan, butuh 4 botol

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Pengecekan filter udara, seringnya melewati daerah berdebu dan lembab memperpendek umur filter

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Ganti filter oli harus termasuk dengan gasket ringnya

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Umur kampas rem tidak dapat diukur dengan waktu, tergantung gaya berkendara

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Ganti juga minyak remnya, mumpung masih gratis

Jakarta - Motor dengan tongkrongan adventure banget ini ternyata cukup diminati warga Indonesia yang berkantong tebal dan doyan berpetualang jalan jauh. Wajar saja, dengan segala fiturnya, jalan-jalan bersama BMW R 1200 GS jadi lebih menyenangkan. Makin menyenangkan jika tahu program servis yang ditawarkan PT Maxindo Moto Nusantara (Maxindo Moto), importir resmi BMW Motorrad di Indonesia. Yaitu program BMW Motorrad Service Inclusive (BMSI) di BMW Motorrad Gallery. Mereka yang sudah teregistrasi akan mendapatkan free servis dan beberapa part penggantinya selama 12 bulan atau 10.000 Km tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Paket ini gratis jika motor dibeli di Maxindo Moto, tapi kalau BMW R 1200 GS-nya dibeli dari importir resmi sebelumnya, dikenakan biaya Rp 5 sampai 10 juta dengan melampirkan beberapa persyaratan seperti faktur dan berkas kepemilikan yang lain. Lalu apa saja perawatan yang dijamin dalam program ini. “Yuk kita rinci,” buka Johan Imansyah selaku Service Manager Maxindo Moto. Ketika motor ini sampai di tangan konsumen, servis pertama dilakukan ketika odometer menyentuh angka 1.000 km atau 6 bulan tergantung mana yang tercapai lebih dahulu.

Sampai di bengkel, yang pertama diganti adalah oli mesin yang ada di mesin boxer berkapasitas 1.170 cc ini. “Penggantian oli di 1.000 km pertama bertujuan untuk mengecek apakah ada serpihan logam halus di dalam mesin sisa perakitan, penggantian olinya butuh 4 botol yang tiap botol nya berisi 1 liter,” beber Johan. Penggantian oli dibarengi penggantian filter oli dan gasket ring supaya mesin tetap optimal. Setelah servis pertama, saatnya gaspol turing dengan motor jangkung dengan bobot 238 kg ini. Setelah odometer menunjukan 10.000 km atau 12 bulan, kembali masuk pit stop, maksudnya bengkel resmi BMW. Lakukan pengecekan menyeluruh.

Detailnya, persis seperti pengecekan saat servis pertama tapi ditambah dengan beberapa pengecekan tambahan. Seperti pengereman, apakah masih berfungsi dengan baik atau tidak. Karena ketika melakukan turing tentunya ada medan yang berkontur tanah dan berpasir, jika tidak diperiksa dan dibersihkan bisa membuat piston kaliper macet dan berakibat rem blong. Setelah itu  adalah penggantian brake fluie atau minyak rem. Yang terakhir adalah penggantian kampas rem, “Untuk penggantian kampas rem ini sebenarnya tidak bisa diukur dengan waktu, karena banyak penyebabnya misalkan cara berkendara yang kasar.

Tapi tidak ada salahnya untuk melakukan penggantian kampas rem di 10.000 km selagi masih free, hehee..” lanjut pria yang ngantor di Jl. Sisingamangaraja, Kebayoran Baru, JakSel ini. Semua part yang disebutkan di atas gratis karena sudah termasuk dalam paket. Tidak hanya itu, keuntungan lain terregistrasi BMSI adalah gratis cuci selama 1 tahun dan gratis polish sebanyak 2 kali. Kemudian free towing di area Jabodetabek 2 kali antar jemput. Yuk turing lagi! (motor.otomotifnet.com)

Maxindo Moto Gallery : 021-7203912

EDITOR

Denta

Top