Kamis,5 Mei 2016 13:26 WIB

Penulis: otomotifnet

Panduan Servis Suzuki nex, Enggak Mahal Kok

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Oli khusus Suzuki nex, cukup isi 650 ml saja tanpa penggantian filter oli

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Rajin ganti oli transmisi tiap 8.000 km untuk menjaga pelumasan tetap terjaga

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Ganti filter oli secara berkala, murah cuma 8 ribuan aja kok

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Panduan Servis Suzuki nex Enggak Mahal Kok

Servis ringan dan ganti oli mesin hanya butuh Rp 86 ribuan

Jakarta - Rumor biaya perawatan motor Suzuki yang mahal masih sering terdengar. Padahal, enggak juga lho! Misalnya pada perawatan berkala Suzuki nex, jika cuma servis ringan dan ganti oli mesin hanya butuh Rp 86 ribuan. Harga komponen lain seperti filter udara,kampas rem sampai busi juga bersaing dengan skutik merek lain. Lengkapnya lihat tabel ya!

Nah, karena enggak mahal, tidak ada lagi alasan untuk tidak membawa Suzuki nex ke bengkel resmi guna melakukan servis berkala. Skutikdengan bobot cuma 87 kg ini wajib tune up tiap 3.000 km. Dimulai dengan penggantian oli mesin, volumenya hanya 650 ml saja.Ini karena desain mesinnya memang sangat efisien.

“Jika dibarengi dengan pengantian filter oli maka yang dibutuhkan 750 ml, lebih banyak 100 ml. Jadwal penggantian filter oli tiap tiga kali ganti oli mesin,” ucap M. Usman salah satu mekanik di Suzuki Jatirangon, Bekasi, Jabar.

Masih berkutat dengan oli, untuk oli transmisinya lebih baik diganti tiap kelipatan 8.000 km. “Oli gardan ini tersedia dalam botol 100 ml, tapi untuk Suzuki nex cukup masukan 90 ml,” lanjut Haji Usman panggilan akrabnya. Beralih ke kepala silinder pengecekan mulai dari kerenggangan kedua pelatuknya, “Kalau sudah terlalu kendor kita setel kembali dengan jarak 0,1 mm untuk in dan 0,15 untuk ex.

Kerenggangan busi juga ikut diperhatikan dengan mematoknya 0,8 mm. Selanjutnya membersihkan busi dengan sedikit disikat dan ganti tiap 7.500 km berbarengan dengan servis CVT,” beber Haji Usman. Untuk filter udara, tidak boleh dibersihkan. Ganti tiap kelipatan 10.000 km namun bisa lebih cepat jika sering melewati kondisi cuaca yang berdebu dan lembab.

Masih di 10.000 km, pria berjenggot halus juga menyarankan untuk melakukan servis injektor agar tidak ada penyumbatan. Beberapa keluhan yang sering dikeluhkan oleh pemilik Suzuki nex adalah rem belakang yang kurang pakem. “Untuk meminimalisir rem yang kurang pakem, saat penggantian harus dibersihkan seluruh bagiannya sampai ke as gerigi yang menggerakan kampas,” tutupnya • (otomotifnet / Fariz)

Suzuki Jatiranggon : 021- 844592551

Daftar Harga
Jasa servis ringan Rp 50.000
Jasa servis besar Rp 125.000
Servis CVT Rp 40.000
Oli mesin Rp 36.500
Oli gardan Rp 9.000
Kampas rem depan Rp 55.000
Kampas rem belakang Rp 50.000
Busi Rp 14.600
Filter oli Rp 8.600
Filter udara Rp 42.200

Daftar Pemeriksaan :
Yang di cek saat servis:
Periksa saluran bahan bakar
Periksa cara kerja gas tangan
Bersihkan pernapasan bak mesin
Bersihkan saringan kasa oli mesin
Periksa putaran stasioner mesin
Periksa minyak rem
Periksa keausan kampas rem
Periksa sistem rem
Periksa switch lampu
Periksa arah sinar lampu lampu depan
Periksa standar samping
Periksa suspensi
Periksa mur, baut, pengencang
Periksa roda/ban
Periksa bearing kepala kemudi

EDITOR

Dimas Pradopo

Top