Rabu,3 Feb 2016 14:12 WIB

Penulis: Admin OTOMOTIFNET.COM

Panduan Servis Suzuki Satria F150, Nih Agenda Tiap 2.500 KM

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Lakukan penggantian fiter oli tiap 7.500 km , murah cuma Rp 8 ribuan aja

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Rutin lakukan servis karburator tiap 2.500 km, jangan lupa setel langsam di 1.400 rpm

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Gak perlu khawatir stok habis, kampas rem depan sama seperti Skywave dan Shogun 125

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Sering bermacet-macetan bikin oli lebih cepat encer, lakukan penggantian tiap 2.500 km atau 3 bulanan tergantung mana yang lebih dulu dicapai

Jakarta - Sebelum versi injeksinya rilis, kita elus-elus dulu varian yang masih eksis sejak 2004 hingga detik ini. Yup, OTOMOTIF mau mengajak pembaca untuk servis Suzuki Satria F150 karburator tiap 2.500 km, menu utamanya tentu membersihkan karburator dan mengganti oli.

“Jangan lupa ganti filter olinya juga, tiap kelipatan 7.500 km atau tiap 3 kali penggantian oli mesin. Tapi ingat kalau mengganti filter oli maka volume oli mesin juga harus ditambah 100 ml,” wanti Indrawan Subekti, kepala mekanik Suzuki Sejahtera Motor Gemilang (SMG) di bilangan Sunter, Jakut.

Selanjutnya cek kerenggangan busi, “Bersihkan dan perhatikan gapnya. Idealnya 0,8 mm, kalau sudah melewati toleransi tersebut maka harus di atur ulang dan jadwal ganti
busi pada motor ini tiap kelipatan 8.000 km,” lanjut Indrawan, panggilan akarabnya.

Asyiknya, karena kepala silindernya menganut konstruksi DOHC, jarak renggang klep diatur dengan shim, maka pengecekan pada bagian ini sangat jarang dilakukan, “Jarang karena sangat awet. Kecuali kalau terdengar bunyi berisik pada bagian kepala silinder, baru kita bongkar sekaligus servis besar,” ucap pria ramah yang setia dengan gaya rambut belah tengah ini.

Filter udaranya juga minim perawatan karena sudah tipe basah, jadi sangat tidak disarankan untuk dibersihkan apalagi sampai disemprot menggunakan angin kompresor. Jika kotor langsung ganti, sebaiknya lakukan rutin tiap kelipatan 12.000 km.

Setelah bersih-bersih karburator, jangan lupa setel angin pada dua setengah putaran serta menjaga langsam di 1.400 rpm, lakukan dengan menggunakan obeng min. Lanjutkan dengan cek tekanan angin ban dan melumasi rantai agar tidak berisik.

Oiya, sebagai informasi tambahan nih sob, ternyata final gear pada Satria F150 Euro 3 dengan generasi sebelumnya terdapat perbedaan sehingga tidak bisa saling tukar, perbedaannya pada klip pengunci gir depan dan dudukan gir belakang.

Satu lagi yang harus diperhatikan adalah kabel koplingnya. “Karena letaknya yang kontak langsung dengan panas, hujan dan debu maka kerap jadi seret. Untuk membersihkannya cukup lepas kabel pada handel kopling kemudian lumuri pelumas sampai keluar di ujung kabel kopling bagian bawah dekat blok mesin,” sahut Sumardi salah satu mekanik di Suzuki SMG. Oke deh! •  (otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top