Minggu,24 Jan 2016 16:01 WIB

Penulis: parwata

Part Performa Mocil GP, Sudah Banyak Yang Menyediakan!

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Reamer Karburator

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Membran

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Kruk As

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Bearing Kruk As

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Kampas Kopling

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Knalot

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    per Stater

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Gear Set

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Ban

  • Foto: Sigit/otomotifnet

    Modifikasi rangka

Jakarta - Hemm.. versi standarnya loyo banget sob! Wajar jika pengendara dewasa dengan berat badan di atas 60 kg butuh tenaga lebih besar. Kalau masih standar mustahil dapatkan time bagus, makanya wajib upgrade. Saat ini yang pegang rekor tercepat di  sirkuit Pitstop Karting Zone, Pantai Indah Kapuk, Jakarta Utara adalah Ali Adrian dengan 34,8 detik. Biar enggak makin penasaran, yuk intip langkah-langkahnya! • (otomotifnet.com)

Membran
Agar tekanan gas bahan bakar yang masuk makin kencang, membran di intake standar juga harus diganti. Salah satunya mengganti reed valve pakai bahan serat carbon. Berhubung enggak ada produk yang plug and play, beberapa bengkel mengakalinya dengan membuat sendiri. Seperti yang ditawarkan Illegal Racing, harganya Rp 200 ribuan.

Ban
“Ban standar dengan compound- nya licin banget. Akibatnya sering tergelincir dan kehilangan grip,” ungkap Angga. Pilihannya, kini ada dua 2 tipe ban yang bisa dipakai untuk balap. Tipe slick dan clever dengan compound super soft.

Per Starter
Jika merasa starter tariknya terlalu keras, wajib ganti pernya dengan versi custom buatan R59 Racing. “Enggak perlu pakai otot lagi saat menyalakan Mocil ini. Kita jual Rp 150 ribuan,” beber Ergus.

Bearing Kruk As
Agar putaran kruk as makin lancar, bearing-nya wajib diganti dengan tipe high speed. Ukuran bearing high speed kruk as pada Mocil GP bisa comot bearing roda Yamaha RX-King, tinggal pasang karena punya ukuran yang sama. Diantaranya ada Faito, C3 SKF dan FAG, tinggal sesuaikan dengan kocek deh.

Modifikasi Rangka
Sasisnya kecil dan tipis, membuatnya hanya mampu menopang bobot rider maksimal 70 kg. Nah yang gendut-gendut nih harus dimodifikasi. Pelat besi langsung dilas ke rangka di beberapa bagian.

Knalpot
Knalpot racing custom ini punya model perut yang lebih gendut. Power yang dihasilkan jadi lebih maksimal, tapi tentunya bunyinya jadi lebih berisik karena silincer tanpa saringan lagi. Hampir semua bengkel kompak melepasnya dengan mahar Rp 450 ribu.

Kruk
As Ergus Oei dari R59 berinovasi dengan custom kruk as. Bandulnya didesain ulang agar getaran dapat diminimalisir dan putaran mesin jadi lebih cepat teriak. “Biaya modifikasi ini Rp 450 ribuan,” kata mantan pembalap road race nasional ini.

Gear Set
Final gear ratio juga bisa diganti disesuaikan dengan bobot pengendara. Supaya tarikan bawahnya makin ngacir, terutama bagi rider yang beratnya diatas 70 kg, gear set standar yang berukuran 68:7 mata wajib lengser, ganti pakai 54:6 mata lengkap dengan rantai yang lebih kuat. Satu set dibanderol Rp 450 ribu.

Kampas Kopling
Saat pertama digas, motor terasa ngeden dulu, itu dia karakter kopling standar mocil. Umumnya pengguna Mocil menggantinya dengan kampas kopling racing. Efeknya tarikan awalnya jadi lebih cepat. “Kampas kopling racing ini dijual Rp 200 ribu,” beber Ichwan Acio dari Illegal Racing.

Reamer Karburator
Venturi karburator standarnya cuma 12,9 mm mesti direamer, maksimal bisa sampai 16,5 mm. “Setelah direamer, mulut karbunya ditambal lagi dan dibentuk seperti lobang Velocity agar udara yang masuk jadi makin fokus,” jelas Angga Kurniawan owner Anjany Racing.

Anjany Racing : 08129456913
Ultraspeed Racing : 082112858080
Ilegal Racing : 081290958425
R59 Racing : 08129082857

EDITOR

Dimas Pradopo

Top