Kamis,9 Juni 2016 10:15 WIB

Penulis: Gombak

Pasang Electric Starter di Yamaha RX King, Bisa Nih!

Foto: Gombak

PASANG-STARTER-ELECTRIC-di-RX-King

Klaten - Biar makin kekinian, Yamaha RX-King sudah setengah tua boleh dong bergaya pakai electric starter. Tinggal pencet tombol, motor bermesin 2-tak ini bisa langsung hidup! Salah satu yang sukses bereksperimen adalah bengkel Karya Agung di Jl. Jogja-Solo km 19.

“Intinya mau menghidupkan mesinnya enggak perlu nyelah. Cukup pencet tombol macam motor sekarang,” bangga Agung punggawa bengkel Karya Agung seraya memaparkan proses modifikasinya.

Ia memanfaatkan dinamo stater Honda Vario 110 keluaran lama. “Dinamo sudah harus lengkap dengan gigi primer dan gigi pelontarnya,” ujar pria yang akrab disapa Tompel ini (foto1).

PASANG-STARTER-ELECTRIC-di-RX-King
 

Langkah awal siapkan dulu dudukan dinamo serta gigi pelontarnya. Proses ini mesti ngecor alumunium di bak mesin sebelah kiri lalu milling ke tukang bubut. Serta memposisikan dinamo stater di bawah magnet (foto2).

Selanjutnya mengawinkan gigi primer dengan magnet RX King. Untuk aplikasinya magnet perlu ditipiskan sedikit supaya gigi primer bisa bersinggungan dengan gigi pelontar pada dinamo stater. Jarak presisi diperlukan antara gigi primer supaya bisa terkoneksi dengan gigi pelontar dinamo Vario. Bila nekat tanpa menipiskan atau membubut magnet, jarak antara gigi terlalu renggang. Akhirnya komponen stater tidak berfungsi maksimal (foto 3 dan 4).

PASANG-STARTER-ELECTRIC-di-RX-King
 

Bila semua sudah terpasang, tinggal menghubungkan dinamo stater ke sumber daya yaitu aki. Menurutnya akinya bisa menggunakan aki dengan spesifikasi 7 Ampere misalnya comot punya Satria F150. Sedangkan untuk mengaktifkannya, panel tombol starter dipasang pada stang (foto 5).

Oh ya jangan lupa sekalian membuatkan tutup magnet custom. Karena perlu membuat tutup untuk dinamo starter vario. Tutup dinamo bisa menggunakan tutup gigi pelontar bawaan Vario. Dan disatukan dengan tutup magnet RX King (foto 6).

“Kunci keberhasilan aplikasi ini salah satunya koordinasi yang baik dengan tukang bubut dan tukang alumunium. Karena banyak pekerjaan yang melibatkan mereka. Kecuali kalau Anda punya peralatan bubut dan las alumunium sendiri,” wanti Agung. Katanya lagi proses ini menghabiskan dana sekitar Rp 2 juta. Pasang deh! (Otomotifnet.com)

Karya Agung : 08562857011

EDITOR

Dimas Pradopo

Top