Rabu,30 Des 2015 15:41 WIB

Penulis: parwata

Pasang End Cap Knalpot Yamaha V-Ixion di NMAX, Keren Juga Nih!

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    1. Pipa 3/4 inci disambung dan dipotong sesuai dengan panjang end cap V-Ixion lalu dilas cukup 3 titik saja.

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    2. Pelat strip dilas di pipa sambungnya yang baru, bukan di pipa knalpot standar NMAX, kalau mau distandarin lebih mudah. Panjang plat strip dan mur sebagai pengunci harus presisi agar lurus dan tidak mentok cover knalpot

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    3. Akhiri dengan cat pipa dan hasil las dengan warna hitam agar lebih rapi

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    4. Selesai, tak lebih dari Rp 175 ribu, knalpot NMAX jadi telihat lebih menarik

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    5. Dari samping juga tampak lebih mewah, keren kan!

Jakarta - Ujung knalpot atau bahasa kerennya end cap pada Yamaha NMAX bisa dibikin lebih keren. Yang sudah bereksperimen adalah Djony Kawsar, bro satu ini coba pasang end cap pakai punya Yamaha New V-Ixion. Meski bukan yang pertama, Djony begitu pria ramah ini akrab disapa, hadir dengan trik pemasangan yang lebih sempurna.

“Sebelumnya sudah pernah melihat NMAX pakai end cap V-Ixion, tapi sayang pemasangannya masih asal. Makanya saya tergerak bikin yang rapi dan tidak merusak part standarnya,” ungkapnya sembari mencontohkan cara pasangnya.

Sebelumnya, siapkan dulu plat strip tebal 3 mm dan lebar kurang lebih 1 cm, lalu siapkan pipa setebal 1,2 mm dengan diameter 3/4 inci serta panjang kurang lebih 5 cm, dan tentu saja mur serta baut yang digunakan untuk mengikat end cap.

Pertama yang dilakukan adalah menyambung moncong knalpot standar, fungsinya untuk dijadikan dudukan end cap. “Pada ujung knalpot NMAX terdapat kurang lebih 2 cm pipa yang muncul keluar. Pipa yang sudah dibeli dan diameternya lebih besar dari moncong knalpot standar tinggal dimasukan. Lalu las listrik 3 titik saja agar mudah dilepas ketika sudah bosan,” ucapnya.

End cap akan terpasang sempurna dengan membautnya di tiga posisi, nah yang ini harus dibuatkan dudukan murnya. Caranya ambil pelat lalu las dengan posisi sesuai dengan lubang di end cap. Las juga mur sebagai tempat penguncinya. “Membuat dudukan ini harus presisi karena kalau tidak nanti end cap-nya akan mentok dengan cover knalpot atau tidak center dengan pipa knalpotnya,” lanjut Djony.

Terakhir, pelat yang sudah terpasang lalu dicat hitam agar tidak berkarat. “Biaya yang dibutuhkan untuk semua ini tidak lebih dari 175 ribu,” tutup asli Riau ini. Murah dan mudah kan? • (otomotifnet.com)

Penulis / Foto : Fariz

EDITOR

Dimas Pradopo

Top