Rabu,8 Juni 2016 16:00 WIB

Penulis: Otomotifnet

Pasang Headlamp LED Autovision Yamaha NMAX, Bisa Pilih Kuning Atau Putih!

  • Foto: Sigit

    Papan sirkuit Autovision terbuat dari aluminium (atas), yang berfungsi sebagai heat sink dan dengan rangkaian yang lebih simpel

  • Foto: Sigit

    Proses melepas dan memasang mika lampu, sebaiknya menggunakan heat box agar lebih rapi dan panasnya merata. Bisa juga pakai heat gun tapi lebih lama prosesnya

  • Foto: Sigit

    Bagian kabel-kabel tidak perlu modifikasi, soket sudah disesuaikan sehingga tinggal pasang

  • Foto: Sigit

    Untuk mengetahui seberapa besar perbedaan intensitas cahayanya, dites menggunakan light meter Aimer

  • Foto: Sigit

    Lampu NMAX standar yang kanan dan sorot lampu Autovision yang kiri, jauh lebih terang kan!

Jakarta - Headlamp Yamaha NMAX yang sudah tipe Light Emitting Diode (LED) tak luput dari sasaran modifikasi. Buat yang mau lampunya lebih terang, beberapa gerai modifikasi lampu seperti BRN Technical, Pejaten menawarkan paket custom dengan harga Rp 950 ribu sampai 1,5 jutaan.

Enggak mau kalah, pabrikan lampu aftermarket, Autovision pun menawarkan produk serupa. “Baru kita kenalkan sebulanan ini, tapi sudah banyak komunitas NMAX yang coba pasang,” buka Andre Chrispian, General Manager Autovision.

Pilihannya ada tiga, buat yang suka gaya ada LED dengan spesifikasi 5.000 Kelvin warna putih. Yang suka turing dan butuh visibilitas tinggi ketika hujan atau berkabut bisa pilih yang 3.000 Kelvin warna kuning.

“Dan terahir ada yang ‘combine’ dengan low beam 5.000 Kelvin sedangkan lampu jauhnya 3.000 Kelvin. Semuanya akan dijual Rp 600 ribuan,” beber pria ramah yang akrab disapa Andre ini seraya menjelaskan ada garansi hingga 6 bulan sejak pemasangan.

Lalu apa keunggulan lainnya? Ternyata papan sirkuitnya terbuat dari aluminium agar lebih cepat melepas panas ke belakang.  “Rangkaiannya juga kita buat lebih ringkas, namun mampu membuatnya 2 kali lebih terang dari headlamp standar,” promo Harry Fitriadi, Technical Support Officer, Sampurna Part Niaga (SPN) selaku distributor Autovision Indonesia.

Proses pemasangannya juga sudah plug and play (PnP), papan sirkuit hingga soket kabelnya sama persis tinggal colok. Namun, untuk pemasangan harus melepas mika lampu dari reflektornya. Nah, ini yang harus dilakukan dengan hati-hati agar tidak bocor.

“Sebisa mungkin proses bongkar pasangnya rapi. Lepas lem perekatnya dengan menggunakan heat box yang diset di suhu 110̊C dalam waktu 7-10 menit. Setelah lem di dalamnya lembek, bisa ditarik perlahan,” jelas Sukijoe teknisi SPN. “Bisa juga pakai heat gun tapi butuh skill lebih tinggi, pasalnya panas heat gun tidak rata,” beber Joe sapaan akrabnya.

Setelah terpasang ukur dengan light meter Aimer. Lampu standar NMAX intensitas cahayanya hanya 3.500 Cd, sedang Autovision mencapai 4.100 Cd. “Lebih tinggi, yang artinya pancarannya lebih luas dan fokus,” papar Harry.

Mau pasang? (Otomotifnet.com)

Autovision : 0228-7775050 / 021-29371186

EDITOR

Dimas Pradopo

Top