Selasa,20 Okt 2015 16:40 WIB

Penulis: pewete pewete

Pasang Kaki-Kaki Kawasaki ER-6n di Yamaha YZF-R25, Langsung Satu Set!

Foto: OTO-FARIZ

Pasang Kaki-Kaki Kawasaki ER-6n di Yamaha YZF-R25, Langsung Satu Set!

Jakarta - Tampilan sudah bergaya superbike, tapi disc brake depan Yamaha YZF-R25 cuma satu jadi kurang greget! Ini dirasakan Hermansyah, member Yamaha R25 Owner Indonesia (YROI) Chapter Bekasi. Setelah rajin jalan nunduk di parkiran, maksudnya sambil memperhatikan kaki-kaki motor lain hehe.. Tatapan pria ramah ini terpaku pada Kawasaki ER-6n.

“Ternyata diameter as sokbraker R25 sama dengan ER-6n, 41 mm jadi bisa dipasang tanpa ubahan apapun. Langsung plek,” buka Herman panggilan akrabnya. Tabung sokbraker ER-6n sudah dilengkapi dengan bracket kaliper di sebelah kiri karena moge 650 cc ini sudah pakai double disc di roda depan.

“Biar enggak ribet, sekalian saja saya ganti satu set. Kaliper, disc brake, selang rem, pelek dan as roda juga pakai punya ER-6n. Karena sudah pakai tabung sok depan ER-6n, semuanya bisa dipindahkan dengan mudah,” bebernya sambil menjelaskan jika ubahan ini diuntungkan dengan ukuran pelek yang lebih lebar.

Pelek ER-6 sendiri mempunyai lebar 3.00x17 di depan dan 4.50x17 di bagian belakang. Lebih lebar dari pelek bawaan R25 yang hanya 2.75x17 untuk depan dan 4.00x17 di belakang. Sedang master rem, tetap bisa mengandalkan bawaan pabrik.

“Bisa saja pakai bawaan R25 tapi menjadi kurang maksimal. Sebaiknya pakai master yang memang untuk double disc seperti Brembo RCS19,” aku Herman yang menyerahkan pemasangan kaki-kaki ini pada Donz Airbrush di Bekasi, Jabar.

Agar peleknya kompak, yang belakang juga dicomot dari ER-6n juga. Pemasangan pelek ini ke swing arm standar R25 bisa dilakukan dengan menggunakan as roda bawaan yang dimodifikasi. “As roda standar ditambah bushing. Pasangnya lengkap dengan dudukan gir milik ER-6,” terang Donny Alfariza dari Donz Autobodyworks.

“Dengan spek pelek lebar seperti ini, pemakaian ukuran ban paling enak adalah 120/70-17 di depan dan 160/60-17 di belakang, maksimal lebar ban belakang adalah 170/60-17. Jika lebih dari itu maka rantai akan menggaruk bagian pinggiran ban,” jelasnya.

Lalu berapa biaya yang dikeluarkan? “Pelek depan-belakang sekitar Rp 8 jutaan, kaliper Rp 5 jutaan, tabung sok depan Rp 4 jutaan dan butuh budget juga untuk beberapa perintilan kecil seperti as roda, selang rem, dudukan gir belakang. Sedang ongkos pasangnya cukup Rp 250 ribu saja,” rinci Donny. Ups, gak murah ya? . • (otomotifnet.com)

Donz Autobodyworks : 08111097778


Double disc ini dijamin kuat karena pakai part OEM comot satu set dari ER-6n bukan modifikasi


Pelek belakang bisa dipasang dengan sedikit modifikasi pada as roda dan harus pakai dudukan gir milik ER-6n


Diameter as sok depan R25 sama dengan ER-6n, 41 mm. Pasang tabung sok tanpa ubahan apapun


Ban belakang maksimal 170/60-17, kalau lebih pinggiran ban tergerus rantai

EDITOR

Otomotifnet

Top