Rabu,23 Nov 2016 12:24 WIB

Penulis: otomotifnet

Pasang Keyless di Skutik Honda, Selamat Tinggal Anak Kunci!

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Tidak perlu kunci, cukup berada dalam radius 5 meter dengan sensor ini motor bisa dijalankan

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Harga 1 paket ini berikut jasa Rp 2,2 juta, pemasangan seharian

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Kontak diganti menggunakan PCX Thailand, sudah pasti barang punya kualitas bagus karena OEM

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Ada pilihan kunci setang, buka jok, dan kontak on. Semua tidak bisa dilakukan bila tidak ada sensor yang terdeteksi

  • Foto: Fariz/otomotifnet

    Jika pakai DSS Smart Key, untuk mematikan kelistrikan motor tekan tombol starter 3 kali

Jakarta - Teknologi keyless sudah banyak disematkan pada mobil, sedang di motor baru ada di beberapa skutik baru Yamaha dan Suzuki GSX-R150 yang diperkenalkan di IMOS (Indonesia Motorcycle Show) 2016 kemarin.

Teknologi ini memudahkan pengendara, karena tidak lagi memerlukan anak kunci yang dicolokkan ke kontak. Cukup membawa sensor yang biasanya bentuknya mewah dan simpel, sebagai syarat menghidupkan kendaraan. Ketika keberadaan sensor dalam jangkauan, pengendara cukup menekan atau memutar tombol start.

Tertarik pasang keyless di Skutik Honda kesayangan? Bisa banget, salah satu yang sudah membuatnya adalah Wiet Custom, “Produk yang dipakai ini sebenarnya kepunyaan Honda PCX yang beredar di Thailand namun tidak ada di Indonesia, jadi pesan khusus langsung sejak awal motornya keluar. Kebetulan punya teman di sana, hehee…” buka Pak Wiet yang melakukan pengerjaan di Palem Ganda Asri 2, Karang Tengah, Tangerang.

“Saat ini baru bisa untuk varian skutik Honda, tapi nantinya akan bisa untuk bermacam jenis kendaraan roda dua. Pemasangan digabungkan dengan DSS Smart Key, jadi selain canggih juga jadi lebih aman,” jelasnya.

DSS Smart Key ini bertugas sebagai sensor keyless juga pengaman motor, punya jangkauan maksimal 5 meter. “Jika lebih dari 5 meter, modul akan kembali mencari selama 20 detik. Jika tetap tidak ditemukan maka modul akan mematikan seluruh kelistrikan. Jadi jika motor dibegal berikan saja motornya, karena tidak jauh pasti akan mati,” ujar Pak Wiet.

Cara penggunaannya cukup dekati motor berikut dengan membawa sensornya, jika tidak ada sensor maka tidak akan bisa membuka kunci setang. Setelah itu tekan tombol stater sekali untuk menghidupkan spidometer serta seluruh kelistrikan motor, untuk membuka kunci setang putar kontak ke arah kanan. Kalau mau mematikan kendaraan cukup tekan tombol stater 3 kali, maka seluruh kelistrikan akan padam, lalu putar kembali kontak ke arah kiri untuk mengunci setang.

Pak Wiet juga memberikan pilihan lain dengan memakai sistem answer back original PCX. “Pilih answer back PCX karena keren terpisah dengan anak kunci, kalo yang lain kan menyatu dengan kunci. Jarak maksimalnya hanya 2 meter saja, nantinya agar kontak bisa dinyalakan harus pencet remot untuk unlock dan lock. Yang ini tidak anti begal, karena kalau motor dicuri motor masih bisa nyala. Lagi pula repot karena masih harus pencet lock dan unlock,” lanjut pria ramah ini.

Pak Wiet menyebutkan hanya butuh waktu 1 hari saja untuk memasang seluruh perangkat ini, “Pengerjaan seharian dari pagi hingga sore. Pemasangan sedikit mengubah kabel bodi tapi masih bisa dikembalikan seperti semula. Biayanya Rp 2,2 juta untuk yang menggunakan DSS Smart Key, sedangkan yang remote sekitar Rp 2 jutaan semua sudah terima beres,” tutup pria ramah ini.

Say good bye to anak kunci! (Fariz / otomotifnet.com)

EDITOR

Dimas Pradopo

Top