Selasa,22 Des 2015 11:39 WIB

Penulis: parwata

Pasang Parking Brake Lock Suzuki nex FI, Comot Punya Address

  • Foto: sigit/otomotifnet.com

    Mengoperasikannya mudah. Setelah tekan tuas rem, tekan juga tuas penguncinya ke dalam

  • Foto: sigit/otomotifnet.com

    Bisa langsung pasang karena diameter setang kedua skutik Suzuki ini sama

  • Foto: sigit/otomotifnet.com

    Agar spion bisa dipasang, lakukan sedikit coakan menyesuaikan lobang spion yang menempel di handle rem

  • Foto: sigit/otomotifnet.com

    Untuk mendapat handle rem Suzuki Address ini cukup rogoh Rp 75 ribu saja

Jakarta - Suzuki nex dan nex FI cukup banyak digemari, selain lincah dan responsif, harganya juga terjangkau. Sayang belum dilengkapi dengan parking brake lock (PBL) nih.

"Kalau udah ketemu traffic light yang kondisinya menanjak, saya harus selalu menahan rem agar motor tidak mundur," buka Benny P Soedarsono, pengguna Suzuki nex FI keluaran 2012. Begitu juga ketika parkir di kondisi jalan yang tidak rata, sering was-was takut skutik imut ini bergerak dan roboh.

Solusinya, Benny ingin berbagi pada pembaca OTOMOTIF. “Setelah browsing dan dicek langsung, ternyata diameter setang Suzuki Address sama seperti nex FI, artinya PBL yang menyatu dengan tuas rem belakang ini bisa dipasang,” bebernya.

Sebelumnya, tebus dulu tuas rem belakang Address di bengkel resmi Suzuki. "Di beberapa bengkel harus inden karena stoknya kosong," terang Benny Darsonosu, panggilan akrab pria berkacamata ini. Untuk harga cukup rogoh kocek Rp 75 ribu saja, murah kan!

Ayo langsung bongkar, pertama lepas cover setang dengan obeng kembang. Lalu lepaskan handgrip dan handle rem bawaan nex dengan kunci T8 atau bisa juga pakai kunci ring 8.

Setelah itu pasang handle Address, tinggal plek lho. Kabel rem dan paha rem enggak perlu diganti, tetap bisa menggunakan komponen standar. Masalah muncul pada dudukan spion kiri yang menyatu di handle rem, ternyata punya Address sedikit lebih mundur.

“Mau enggak mau cover batok lampu harus sedikit dicoak agar spion bisa terpasang dengan sempurna.

Gampang kan? • (otomotifnet.com)

Penulis / Foto : Sigit

EDITOR

Otomotifnet

Top